Penerapan SEO Youtube Terbaru Menuju 1 juta subcribe Dengan Tepat

By | September 6, 2019

YouTube saat ini memiliki lebih dari 4 juta video. Pada 2019, 80% konsumsi internet global akan didominasi konten video. Itu berarti kita tidak bisa mengabaikan YouTube sebagai sumber lalu lintas Video dan web Bisnis.

Jika kita baru memulai saluran YouTube, ataupun yang sudah Masta youtube akan berurusan dengan kata kunci atau keyword, jika kita ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam Youtube Search Engine.

Untuk apa SEO YouTube?

SEO Youtube, penting untuk video kita di youtube dikarenakan akan mempengaruhi jumlah view dan subscriber pada channel kita. Dengan teknik SEO Youtube ini video akan lebih mudah ditemukan di youtube dan bahkan bisa menjadi trend video di Youtube.

Ya, dengan menerapkan SEO YouTube yang tepat, Anda bisa memenangkan persaingan di YouTube dan mendatangkan banyak penonton. Nah, kalau Anda baru saja berkecimpung di dunia social video YouTube dan berharap memiliki view yang banyak, simak panduannya di bawah ini.

Langkah Optimasi SEO YouTube

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang Anda miliki. Langkah itu terdiri dari

  1. Riset Keyword
  2. Membuat Video dengan Kualitas Terbaik
  3. Optimasi Metadata
  4. Promosi Video
  5. Manfaatkan YouTube Analytics

1. Riset Keyword

Dalam panduan SEO YouTube Anda juga mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Sama halnya dengan konten yang ada pada website, Anda menempatkan kata kunci dengan kerapatan tertentu mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonimnya atau LSI.

Kata kunci pada YouTube akan menentukan posisi dari konten yang Anda buat. Misal kata kunci “cara membuat sambal”. Kata kunci ini tentu memiliki persaingan yang besar. Mereka yang memiliki viewers lebih banyak dan pengikut lebih besar akan berada di peringkat atas.

Kalau Anda ingin memaksimalkan konten video yang sudah atau akan dipublikasikan, simak panduan riset kata kunci di bawah ini.

Temukan Kata Kunci Sesuai Niche

Kalau Anda mau terjun ke dunia YouTube secara profesional, yang harus dipikirkan dahulu adalah niche atau tema yang Anda kuasai. Misal Anda akan membuat niche dengan tema otomotif, kata kunci bisa sekitar mobil, review, dan uji coba. Sebaliknya kalau niche tentang wisata, kata kunci berhubungan dengan destinasi bisa diberikan.

Kata kunci ini penting untuk menarik banyak penonton baru kalau halaman YouTube Anda masih terbilang baru. Kalau sudah lama dan memiliki basis penggemar banyak, unggah satu video saja bisa trending. Namun, kalau masih pemula harus kerja cerdas dengan memaksimalkan kata kunci.

Menganalisis Tren Terbaru

Coba perhatikan tab trends di YouTube. Pada periode tertentu video nomor satu seterusnya memiliki tema yang sama. Misal tentang ulasan kasus yang sedang heboh atau ada kejadian yang menggemparkan. Dari sana Anda bisa melihat kalau YouTube juga berlaku tren dan dari tren itu Anda bisa mendulang viewers yang banyak.

Ada dua cara untuk melihat tren yang terjadi pada YouTube. Pertama dari fitur autocomplete yang ada di kolom pencarian. Kedua dengan langsung melihat tab trends dan dibarengi melihat Google Trends. Kadang apa yang heboh di media sosial dan juga kenal berita online juga bisa diangkat.

Jadi, membuat video atau mengkolase berbagai informasi dan gambar agar menjadi video tidak sembarangan dilakukan. Anda mungkin bisa menciptakan tren tersendiri dari apa yang dibuat. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan tren itu untuk meningkatkan jumlah penonton dengan cepat.

Koleksi Kata Kunci di Google

Sekitar 20-40% traffic yang masuk ke YouTube berasal dari pencarian organik di Google. Mengingat porsi pencarian dari sana cukup besar, Anda juga disarankan menghimpun kata kunci yang banyak digunakan dan sesuai dengan niche yang sedang Anda kembangkan.

Dengan kata kunci yang tepat dan juga tambahan tren yang sedang terjadi, optimasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Meski demikian, konten orisinal tetap harus dibuat agar kanal YouTube yang Anda buat tidak terkesan copycat atau hanya meniru saja.

2. Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Sama seperti Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering berubah. Dengan kata kunci yang sama, bisa saja video Anda pada halaman pencarian kesekian dan miliki orang lain berada di daftar paling atas.

Dalam pencarian YouTube, video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling sesuai dengan kata kunci atau relevan. Nah, sebelum melakukan berbagai optimasi mulai dengan melakukan riset kata kunci, ada baiknya Anda tahu jenis video yang disukai oleh YouTube itu sendiri, berikut selengkapnya.

Perbaiki Kualitas Editing

Kualitas editing juga menentukan apakah video akan menempati peringkat tinggi atau malah tenggelam di bawah. Kalau teknik editing video masih buruk, mendapatkan viewer banyak akan sulit kecuali konten di dalamnya memicu viral dan banyak orang penasaran untuk melihatnya.

Pastikan Orisinalitas Video

Membuat konten yang original itu penting meski cukup sulit.Kalau Anda melakukan plagiat, YouTube akan mengetahui hal itu. Apalagi kalau ada konten video atau musik yang memiliki hak cipta. Platform bisa langsung menurunkannya  atau tidak bisa dimonetisasi.

Jangan memakai cara yang instan. Lebih baik membuat konten orisinal yang berkualitas. Asal optimasinya baik dan Anda mahir mengaplikasikan langkah SEO YouTube lain, video akan mendapatkan banyak view.

Perhatikan Durasi

Durasi dari video menentukan apakah nantinya konten mudah diindeks dengan kata kunci tertentu atau tidak. Beberapa orang yang melakukan monetisasi selalu membuat video di atas 5 menit. Video dengan durasi ini juga sudah memiliki syarat untuk dimonetisasi seperti dimunculkan Adsense.

Buat Thumbnail yang Menarik

Kemasan dari video harus menarik dan memuat siapa saja yang kebetulan menemukannya penasaran. Kemasan ini mencakup thumbnails pada video. Jangan mengunggah video lalu merilisnya tanpa bagian ini. Click bait dalam kata-kata atau hal menarik dari video bisa dimasukkan ke bagian ini.

Pertimbangkan Selera Penonton

Video yang berkualitas dibutuhkan untuk membuat banyak orang suka dan akhirnya mau membagikan atau dilihat beberapa kali. Semakin banyak video dilihat oleh pengguna YouTube, indeks dari video ini akan sangat baik. Dengan kata kunci yang sama, video akan mudah tampil pada halaman awal pencarian YouTube.

Semakin besar jumlah subscriber yang Anda miliki, semakin besar pula peluang akan muncul di urutan paling atas. Selain mengelola video, perhatikan juga para penonton agar mereka lebih loyal dan akan terus kembali setiap ada konten baru.

Demikian semoga bermanfaat bagi para Youtuber

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *