TIPS MEMPERSIAPKAN DIRI MENGIKUTI SELEKSI CAT CPNS 2018

By | Mei 28, 2018

Di tahun 2018 ini negara akan rekruitmen besar-besaran PNS. Tips ini bersifat subjektif karena berdasarkan hasil pengalaman saya yang pada waktu itu merasakan tes CPNS berbasis komputer atau kemudian kita sebut CAT untuk pertama kali. Karena sistem CAT jadi jangan sampai terkena bujuk rayu calo yang menjanjikan ini dan itu.

Untuk diketahui saya hanya mengikuti tes TKD tanpa ada tahapan tes TKB dan wawancara, jadi murni dari tes CAT saja.
  1. Pilih tempat/daerah tujuan yang formasinya cukup banyak. Logikanya pintu yang besar akan banyak dan mudah dilewat banyak orang daripada pintu kecil yang hanya mampu dilewat beberapa orang saja. Jangan saklek deket rumah, yang penting diterima dahulu.
  2. Beli bukunya, bukan bermaksud promosi tapi lebih nyaman belajar di buku daripada lewat aplikasi-aplikasi telepon pintar saat ini. Apakah banyak yang keluar, percayalah jawabannya enggak. Karena soalnya lebih susah berkali-kali lipat dari buku. Terus kenapa beli, biar kita tahu pola dan jenis-jenis soalnya. Biar otak kita tidak tumpul dan shock.
  3. Seperti pepatah wong pinter kalah karo wong bejo. Karena bejo atau keberuntungan datangnya dari Allah maka berdoalah. Solat tahajud dan solat dhuha serutin mungkin bahkan setiap hari itu dashyatnya mashaallah. Puasa senin kamis juga.
  4. Bersedekah ke anak yatim dan masjid, dengan bersedekah dan meminta bantuan kepada anak yatim untuk mengamini doanya dia berhasil melewati tes tahap selanjutnya dengan baik
  5. Minta restu ke orang tua terutama ibu, ini fardu ain pokoknya gak bisa enggak.
  6. Kerjakan soal yang mudah dulu, jangan menghabiskan banyak waktu di soal yang susah, kalau saya paling berat di tes TIU utamanya hitungan, jadi saya kerjakan soal logika memasangkan gambar, sinonim antonim dsb. Soal TWK saya tidak ada tips khusus mengerjakannya karena soalnya susah ditebak, intinya baca UUD dan Peraturan Undang-undang lainnya. Nah, kalau TKP atau tes kepribadian, kerjakan TKP tanpa baca soalnya. Cari jawaban yang paling positif tapi masuk akal, kalau kita baca soalnya, soalnya luar biasa panjang dan itu akan menghabiskan banyak waktu kita padahal soal TKP jumlahnya soalnya paling banyak.  
  7. Banyak-banyak latihan pakai komputer, rata-rata kalau kita beli buku kita akan diberikan cd latihan mengerjakan CAT, ini sangat penting supaya kita paham betul bagaimana langkah-langkah mengerjakan memakai komputer. Dan latihan ini harus berkali-kali 
  8. Sering bertanya ke teman yang baru saja lulus tes cpns, biasanya setiap tahun pola tes selalu berubah, setahu saya saat ini nilai TKD bukan satu-satunya prasyarat diterima, ada TKB dan wawancara. Gali pengalaman dan ilmu mereka. 
  9. Terakhir tanamkan pada diri bahwa PNS bukan cita-cita anda satu-satunya. Jika anda menanamkan diri anda bahwa "saya harus jadi pns" maka ketika anda gagal maka mental anda akan shock. Bisa jadi rezeki anda PNS tapi bukan saat ini. Jika hati anda ikhlas maka anda Allah akan menuntun anda mengerjakan soal dengan senang dan tanpa beban. 

Tonton juga videonya Tips Mempersiapkan Diri Mengikuti Seleksi CAT CPNS 2018

Selamat Mencoba dan Semoga Lulus CPNS Tahun ini.

Semoga bermanfaat dan selalu kunjungi situs : argimurdiyanto.blogspot.com dan ilmukujadiilmumu.blogspot.com untuk update ilmu dan berita.

  

    loading...

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *