Copy website dengan full ofline dengan HTTrack Website Copier

By | Februari 25, 2019
Software ini berguna banget bagi orang yang dirumahnya tidak ada koneksi internet. Misal, saya sedang belajar bahasa pemrograman C++ dari situs www.cplusplus.com/doc/tutorial/. Tetapi, saya tidak mungkin bisa belajar langsung saat itu juga, pasti saya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk belajar seluruh tutorial tersebut. Namun, bagaimana jika saya tidak ada koneksi internet di rumah? Padahal, kalau belajar di warnet pasti tidak akan efisien.

Nah, di sinilah software HTTrack berfungsi dengan baik. HTTrack berfungsi sebagai peng-copy website dan membuatnya bisa diakses secara Offline, dengan cara men-download nya ke hardisk pada komputer kita.

Download & Install
Anda bisa mendownload software nya di situs resminya http://www.httrack.com/page/2/ . Di situ ada versi installer, dan ada juga versi Portable yang bisa langsung digunakan dengan PortableApps.

Bagaimana Cara Men-download sebuah Website dengan HTTrack?
Untuk memulai, mari kita uji coba mendownload bagian dari situs GameFaqs. Yaitu, bagian tutorial  game Pokemon Platinum (NDS).

1. Pertama kita harus dapat dulu URLnya. Dalam kasus saya adalah http://www.gamefaqs.com/ds/946308-pokemon-platinum-version
Perlu diperhatikan bahwa jika kita hanya ingin mendownload tentang Pokemon, maka URL halamannya harus sesuai (seperti contoh di atas). Jika URL yang kita masukkan adalah http://www.gamefaqs.com/ maka HTTrack akan mendownload SELURUH  website dari gamefaqs, yang tentunya besar dan akan LAMA SEKALI.

2. Buka HTTrack dan buat project baru. Lihat contoh di bawah:
Project Name : Nama dari project ini.
Project Category : Nama kategori. Tentukan project kali ini berada di kategori apa.
Base Path : Tempat di mana website offline akan di simpan.
Lalu next dan masukkan URLnya.Masukkan Login+Password jika situsnya membutuhkan Login dan Password

3. Langkah Tambahan: Pilih Set Option -> Spider -> Dan pada bagian Spider pilih no robots.txt rules

Kenapa? robots.txt adalah file yang memberitahu browser mana yang ditampilkan / tersedia bagi pengunjung sebuah website, mana yang tidak. Nah, menurut pengalaman saya, website hasil download-an akan terasa lebih maksimal jika HTTrack tidak mengikuti peraturan robots.txt ini.
4. Next -> Finish -> Tunggu Proses Download -> Selesai 🙂
5. Website siap dilihat secara offline, dengan menuju Base Path (tempat di mana website offline di simpan) lalu membuka File index.html
6. Pilih nama project yang ada di situ, jika sudah memiliki project lain dengan kategori yang sama maka akan muncul nama-nama project lain tersebut.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *