Cara Mengubah MBR Partition Disk ke GPT atau Sebaliknya

By | Juni 1, 2017



Assalammu'alaikum wr.wb
Salam Sejahtera bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan. 


Sebelumnya alangkah baiknya apabila saya menunjukkan pengalaman pribadi saya gonta-ganti Windows dan apa latar belakang para pengguna Windows melakukan hal itu. cek Cara Cek Jenis GPT atau MBR .

Ketika anda mencoba untuk merubah varian Windows anda dari Win 7 ke yang lebih baru maupun dari Win 8/8.1, Win 10 ke Win 7 atau yang lebih lama maka anda diharuskan merubah tipe partisi Hard Disk anda. Nah inilah bagian klimaksnya yang sering mengganggu saat-saat harapan sedang berbunga-bunga tak sabar melihat wajah baru si Windows. cek Cara Setup Windows dari Flashdisk . Ketika anda memasuki proses instalasi maka akan keluar seperti ini :

Baik itu perintah merubah dari MBR ke GPT maupun sebaliknya, tentu saja sangat menyebalkan.

Berikut cara mengubah tipe partisi disk anda, back-up data sangat disarankan karena semua file akan lenyap dalam proses ini.

Jalankan run pada desktop anda dan isikan "diskmgmt.msc" lalu klik ok lalu klik kanan pada disk yang hendak anda rubah lalu klik Delete Volume pada partisi yang sudah ada (berisi data anda).

Setelah data dihapus dan partisi disk sudah kosong, maka selanjutnya klik kanan pada Disk 1 (berdasarkan gambar) dan andapun dapat merubah dari MBR ke GPT maupun sebaliknya.

 Sekian yang dapat saya informasikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Saran dan masukan akan saya sambut dengan baik. Terima Kasih.

Wassalammu'alaikum Wr.Wb

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *