Cara Cek Jenis Partisi Hard Disk (MBR atau GPT)

By | Juni 1, 2017

Assalamu'alaikum wr.wb
Salam Sejahtera bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan. 



Kali ini saya akan menunjukkan cara mengecek apa jenis partisi Hard Disk anda mengingat hal itu sangat pentng untuk diketahui ketika anda hendak mengubah varian Windows anda karena berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri maupun hasil searching di mbah google dapat diketahui bahwa Windows 7 maupun varian yang lebih lama berjalan pada tipe partisi MBR (Master Boot Record) sedangkan varian Windows setelahnya entah itu Windows 8/8.1 ataupun Windows 10 berjalan pada tipe partisi GTP (GUID Partition Table) dan kabar buruknya mereka tidak bisa berjalan pada habitat lain (Win8 dan seterusnya tidak bisa berjalan pada partisi MBR dan Win7 atau yang lebih lama tidak bisa berjalan di tipe partisi GPT).

Tapi itu belum pasti, bisa saja Hard Disk anda adalah tipe peralihan atau bisa install bolak-balik tanpa harus merubah jenis partisi seperti yang saya alami ketika hendak menginstall Win 8 ke laptop adik saya yang masih Win7 saya dapat menginstallnya tanpa ada kendala, heran juga sih.

Jadi inilah cara mengecek apakah HD anda tipe MBR ataukah tipe GPT :

Buka run pada desktop anda lalu isikan "diskmgmt.msc" dan akan keluar seperti ini

Silakan di klik kanan pada disk mana yang hendak anda cek lalu anda pilih "properties"


Klik pada tab Volume dan ciluk ba dapat dilihat sendiri seperti yang ada di kotak merah, itulah jadi diri jenis Partisi HD anda.

Sekian dulu dari saya, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua untuk kedepannya. Saran dan masukan akan saya sambut dengan baik, Terima kasih.

Wassalammu'alaikum Wr.Wb
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *