9 Tips Memilih Teman Yang Mendorong Pribadi Kita Jadi Lebih Baik

By | Maret 21, 2019
Berteman adalah salah satu aktivitas dan kebutuhan penting bagi semua orang tak terkecuali kamu, Brothers. 

Memiliki teman bisa membuat kamu tumbuh dan berkembang. Teman juga memiliki peran besar dalam perkembangan dan kepribadian kamu. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memilih teman yang dapat mengajak kamu menjadi pribadi yang lebih baik, bukan malah sebaliknya.

 
Berikut ini 9 tips memilih teman yang mendorong pribadi kita jadi lebih baik:
 
1. Cari Teman Yang jujur

 

Di manapun kita berada, mau di lingkungan kelas sosial tinggi atau tidak; kejujuran adalah nomor satu.
 
Orang yang nggak jujur itu biasanya orang yang opurtunis. Berteman dengan seseorang, dalam rangka memanfaatkannya.
 
Makanya kejujuran ini tak terhingga harganya. Sekali orang tidak bisa jujur, maka dampaknya orang lain males percaya selama-lamanya. Kamu tentu tidak ingin berteman dengan pembohong gitu bukan?
 
Karena itu, cek hal ini juga ya.
 
2. Pilih yang suka memberi nasihat

 

Coba perhatikan teman yang sekarang ini kamu gauli, dia suka memberi nasihat ke kamu tidak? Kalau memang ia suka dan sering memberi nasihat ke kamu, kemungkinan besar dia memang punya ruang hati yang tulus buat kamu dan memang ia ingin bersama-sama kamu beranjak dari ruang gelap, menuju ruang remang dan berlari menuju ruang yang terang benderang.
 
Teman yang seperti itu jangan pernah kamu lepaskan karena ia adalah sebaik-baiknya teman.
 
3. Teman Yang Punya Semangat belajar

 

Di sekolah, tentunya setiap hari kamu akan bertemu dengan teman-temanmu. Waktu yang kamu habiskan bersama teman juga tidak sebentar. Maka dari itu, sangat disarankan untuk kamu memilih teman yang punya semangat belajar sehingga kamu juga akan terpengaruh oleh semangat belajarnya tersebut. Dengan berteman dengan teman yang memiliki semangat belajar tinggi, kamu juga akan ikut semangat dan tentunya akan berefek positif pada prestasimu di sekolah.
 
4. Teman yang menerimamu apa adanya

 

Teman yang baik pasti akan menerimamu apa adanya. Bagaimanapun kondisimu, teman yang baik tidak akan mempermasalahkannya, beg
itupun sebaliknya. Jika kamu menemukan teman yang seperti ini, jangan menyianyiakannya.
 
5. Memiliki minat dan aktivitas yang positif

 

Pilihlah teman yang memiliki minat dan aktivitas yang positif. Berteman dengan teman yang memiliki minat tertentu akan menambah wawasan kamu tentang suatu hal. Atau bahkan kamu juga ikut menyukai minat dan kesukaan temanmu tersebut. Maka dari itu pilihlah yang memiliki minat dan kegiatan positif agar kamu juga ikut menjadi positif.
 
6. Setia dan bisa jadi tempat berbagi

 

Berteman di sekolah tidak melulu selalu membicarakan tentang masalah sekolah ataupun pelajaran. Tapi kamu juga pasti akan membicarakan banyak hal dengan temanmu tersebut, mulai dari minat, kesukaan bahkan hal-hal pribadi. Maka dari itu, pilihlah teman yang setia dan bisa diajak sharing. Dengan memilih teman yang seperti ini, maka kamu dan temanmu akan bisa belajar bagaimana caranya berempati, mendengarkan dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang.
 
7. Mendorong ke arah perkembangan diri

 

Pilihlah teman yang dapat menjadi motivasimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Memiki teman yang seperti ini akan sangat menguntungkanmu karena mereka adalah motivator yang paling berharga. Teman yang baik tidak akan membuatmu cepat berpuas diri dan akan terus menantangmu untuk keluar dari zona nyaman dan menjadi yang terbaik. Jika kamu mengalami kegagalan, teman yang seperti ini tidak akan meninggalkanmu dan akan tetap berada di sisimu dan menguatkanmu untuk kembali bangkit dan tidak berputus asa.
 
8. Pilih teman yang istiqamah beriman dan bertaqwa

 

Kalau kamu berteman dengan seorang aktivis muslim, sedikit atau banyak pasti kamu suatu hari nanti akan punya pemahaman yang serupa dengannya.
 
Begitu pula sebaliknya ketika kamu berteman dengan seorang yang buruk. Kecil atau besar suatu saat kamu juga pasti bakal mengikuti jejaknya.
 
Iya sih sekarang kamu bilang “nggak akan kok” tapi kalau keadaan sudah memaksa, gimana? Banyak terjadi seseorang mengikuti keburukan temannya, dengan dalih persahabatan.
 
Karena itu dalam memilih teman yang kamu perlu perhatikan yaitu seperti apa agamanya. Apakah dia rajin melakukan amal shaleh, dan senantiasa ogah pada kemaksiatan? Kalau memang tidak, sementara kamu orangnya rajin beramal shaleh, dia hobi maksiat; maka tak lama kemudian pasti akan terjadi pertikaian di antara kalian.
 
9. Pilih teman yang tidak suka mengeluarkan kata-kata kasar

 

Salah satu ciri bahwa ia adalah teman yang baik atau tidak untuk kamu adalah bisa dilihat dari tutur bahasanya. Jadi perhatikan aspek ini juga ketika kamu sedang memilih teman. Kamu bisa mulai sekarang berusaha mengenali teman-teman kamu semuanya.
 
Kalau memang teman-teman kamu suka mengumpat, suka berkata kotor, suka mengejek, dan suka mencela; ada baiknya segera kamu tinggalkan.
 
Karena kalau tidak? Yah pasti telinga Anda akan kepanasan terus. Pun nyaris bisa dipastikan cepat atau lambat kamu bakal terpengaruh dan ikut-ikutan mereka.
 
Nah sekarang kamu sudah tahu apa saja karakter teman yang cocok untuk dijadikan sahabat terbaik dan kamu juga tahu cara memilih teman yang baik seperti apa.
Semoga Bermanfaat!
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *