12 Cara Mengobati Sakit Masuk Angin Secara Efektif Dan Alami

By | Maret 12, 2019
Gejala Masuk Angin

Kalau sobat merasa ada perubahan pada tubuh seperti badan terasa kurang enak, kedinginan, meriang, sakit kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan merasa lelah, kemungkinan besar kamu terkena masuk angin. Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga ditunjukan melalui gejala seperti demam, perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, sering buang angin berbau, diare, dan bahkan pegal-pegal. Kalau Toppers sudah mengalami gejala masuk angin semacam itu, sebaiknya obati secepatnya tanpa menunggu bantuan orang lain.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Mencegah masuk angin enggak selamanya harus mengonsumsi obat-obatan, lho. Kamu bisa menghilangkan dan mengatasi masuk angin dengan berbagai secara alami. Ada banyak obat masuk angin alami yang ampuh banget dan dijamin juga tanpa efek samping. 

Berikut beberapa cara menyembuhkan masuk angin yang bisa kamu coba.

1. Lemon dan Madu.

Salah satu asupan nutrisi yang diperlukan saat badan tidak fit atau masuk angin adalah vitamin C. Kandungan tersebut dapat meningkatkan stamina tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Kalian bisa mendapatkan kandungan tersebut dari buah lemon.

Untuk mengatasi masuk angin, kalian dapat membuat teh dengan air perasan lemon dan madu yang juga memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk meningkatkan sistem imun dan regenerasi sel tubuh. Kalian cukup memasukkan perasan lemon pada teh yang telah disedu, tambahkan madu sebagai pemanis alami.

2. Teh Hijau.

Teh hijau dikenal mengandung antioksidan tinggi yang dapat membasmi radikal bebas. Hal tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk penderita masuk angin. Selain itu, teh hijau juga memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Saat masuk angin, sebaiknya kalian mengonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan kafein dan polifenol rendah. Stimulasi suhu tubuh akan meningkat dan sistem pencernaan juga lancar. Tubuh tentu akan merasa lebih baik setelah mengonsumsinya.

3. Pijat Refleksi.

Selain menggunakan obat tradisional, pijat refleksi cocok bagi kalian yang ingin mengobati masuk angin. Pijat ini merupakan teknik pengobatan yang masih banyak digunakan untuk saat ini lantaran khasiatnya yang besar.

Untuk mengobati masuk angin, kalian tidak boleh asal memijat. Karena banyak titik-titik tertentu yang perlu diketahui agar pijat refleksi tidak sia-sia. Lebih baik jika kalian mengunjungi para ahli yang sudah biasa melakukan hal tersebut.

Biasanya setelah melakukan pijat refleksi, angin statis di dalam tubuh dapat keluar baik melalui sendawa maupun kentut. Dengan keluarnya angin tersebut, masuk angin akan perlahan membaik.

4. Bekam.

Kalian tentu pernah mendengar pengobatan bekam, kan? Pengobatan ini dilakukan dengan penghisapan langsung pada titik-titik tubuh yang dibutuhkan untuk mengeluarkan angin. Untuk melakukan bekam digunakan alat berupa gelas yang didesain khusus.

5. Probiotik.

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang “ramah” ditemukan di tubuh Anda. Probiotik juga ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh Anda, dan penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan Anda sakit dengan infeksi saluran pernapasan atas.

Mengnsumsi probiotik yang lezat dan bergizi adalah yoghurt. Selain bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, yogurt adalah minuman sehat yang mengandung banyak protein dan kalsium. Carilah produk yoghurt yang mencantumkan bakteri hidup pada labelnya.

6. Mandi air hangat.

Salah satu cara mengobati masuk angin ini sangat mudah, Anda hanya melakukan mandi air hangat. Cara ini sekaligus dapat mengurangi gejala flu dan pilek pada orang dewasa. Menambahkan garam dan baking soda Epsom ke dalam air hangat dapat mengurangi sakit pada tubuh.

7. Rebusan Air Daun Pepaya.

Walaupun air daun pepaya ini sering dihindari karena rasanya yang cukup pahit, tapi sebenarnya air daun pepaya ini memiliki banyak manfaat, dan salah satunya untuk menjaga kekebalan tubuh dan untuk mengobati masuk angin. Kalau kamu enggak tahan dengan rasa pahitnya, kamu bisa mengonsumsi daun pepaya dalam bentuk tumisan, tetapi memang enggak seampuh versi rebusan yang lebih banyak ekstraknya, tetapi lebih berasa pahit.

Cara mengatasi masuk angin dengan daun pepaya:

  • Siapkan 4-5 lembar daun pepaya dan 1 liter air.
  • Rebus daun pepaya tadi dengan satu liter air sampai tersisa setengahnya.
  • Saring dan ambil air rebusannya saja, kemudian konsumsilah selagi masih hangat.

Kandungan antioksidan dan antibiotik tinggi dalam daun pepaya efektif banget untuk menjaga sistem imun tubuh agar enggak mudah terserang penyakit dan mengembalikan tenaga.

8. Ubi Merah.

Ubi merah ini memang jarang dikonsumsi masyarakat modern sekarang, padahal ubi merah mengandung berjuta manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat dari ubi merah yaitu mampu mengobati masuk angin saat musim hujan. Supaya khasiatnya semakin lengkap, kombinasikan juga dengan jahe, merica, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan masih banyak lagi.

Cara mengobati masuk angin dengan ubi merah:

  • Kupas dan cuci bersih satu ubi merah.
  • Rebus bersama dengan bahan lain seperti jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica, gula merah, 4 butir cengkeh, dan bubuk kayu manis seperlunya.
  • Setelah mendidih, saring dan ambil air rebusannya saja.
  • Konsumsilah air rebusan tadi selagi masih hangat.

9. Jahe.

Seperti yang kita tahu, jahe termasuk rempah tradisional yang bisa membantu menghangatkan tubuh, mengatasi kembung, dan melancarkan sirkulasi darah. Inil juga menjadi  alasan kenapa banyak negara dengan empat musim suka mengonsumsi jahe, dan menjadi pilihan sehat bagi mereka yang menghindari alkohol. Cara mengatasi masuk angin dengan minuman jahe ini cukup mudah. Parut dulu jahe secukupnya, kemudian rebus sampai mendidih dan saring. Agar wedang jahe enggak terlalu pedas, kamu bisa menambahkan air perasan lemon dan gula batu. Kalau mau lebih nikmat lagi, konsumsi wedang jahe bersama dengan pisang rebus atau camilankesukaanmu lainnya sehingga bisa membuat badan lebih bertenaga.

10. Bawang Merah dan Bawang Putih.

Obat masuk angin tradisional ini bukan cuma buat anak-anak, lho. Kamu bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih untuk menghilangkan dan mencegah angi yang ada di badanmu. Tinggal menghaluskan bawang merah, lalu oleskan merata ke bagian perut, dada, dan leher. Bawang merah mampu mengeluarkan angin berlebihan dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menghangatkan badan.

Bawang putih mengandung senyawa alicin lebih tinggi yang mengandung antibiotik dan antioksidan alami. Kamu juga bisa bisa makan langsung (mentah) kalau kuat atau memasukannya dalam masakan agar lebih enak juga.

11. Minyak Kayu Putih.

Pasti kamu familiar dengan minyak yang paling sering dibawa kemanapun ini. Yup, minyak kayu putih ini memiliki aroma terapis yang menyegarkan banget, dan sangat cocok untuk melegakan hidung tersumbat kalau kamu juga lagi pilek. Selain itu, ternyata sensasi hangat yang diberikan juga ampuh untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin. Kamu bisa mengobati masuk angin dengan mengoleskan minyak kayu putih secara merata ke bagian perut, leher, belakang leher, kening, dan bagian lain. Jangan lupa beri pijatan selama 5 menit agar minyak meresap.

12. Sup Ayam Panas.

Selain rasanya yang enak, sup ayam ternyata juga ampuh untuk mengobati masuk angin akibat kedinginan. Biasanya saat masuk angin, lidah kita bisa terasa pahit saat mau makan nasi, roti, dan makanan lainnya. Nah, saat nafsu makan menurun inilah kamu bisa mengonsumsi sup ayam yang gurih dan nikmat ini.

Supaya efek dan khasiatnya semakin maksimal dalam mengatasi masuk angin, kamu bisa menambahkan sambal super pedas, lada, atau merica. Bumbu tambahan pedas ini akan membuat tubuh berkeringat, sehingga masuk angin pun lambat laun akan sembuh dengan sendirinya. Setelah kenyang, kamu bisa beristirahat supaya badan lebih fit dan segar saat bangun.

Masuk angin bisa menyerang kapan saja, baik yang sedang berada di dalam atau luar ruangan. Kamu bisa mengkonsumsi beberapa makanan diatas supaya tubuh lebih kebal dari penyakit dan masuk angin. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pakaian seperti sweater atau jaket supaya terhindar dari angin dan udara dingin. 
Demikian artikel tentang Cara Mengobati Sakit Masuk Angin Secara Efektif Dan Alami.
Yuk, semakin sehat dan bebas masuk angin.

Semoga Bermanfaat!

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *