Pentingnya Mengenali Pasar Untuk Merencanakan Sebuah Usaha Kecil Pribadi

By | April 20, 2017
Pentingnya Mengenali Pasar Untuk Merencanakan Sebuah Usaha Kecil Pribadi


Pentingnya Mengenali Pasar Untuk Merencanakan Sebuah Usaha Kecil Pribadi -Tulisan ini adalah hasil analisis penulis sendiri. Jadi silahkan ambil manfaatnya jika memang ada yang patut di lakukan, atau beri penulis masukan di kolom komentar untuk saling berbagi.

Semua orang pasti ingin membuat sebuah usaha, karena dengan merusaha mandiri maka anda akan mendapatkan free waktu, kesuksesan/kegagalan sebagai pengalaman, ikut membantu lapangan pekerjaan bagi pengangguran, dan pastinya anda orang yang luar biasa. Hanya orang luar biasa yang berani anti mainstream di tengah jutaan orang yang sibuk mencari pekerjaan namun anda berani untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri

Jika anda sedang merencanakan membuat sebuah usaha mandiri, maka mengenali pasar adalah langkah yang wajib ditempuh. Kenapa demikian? karena jika gagal mengenali pasar, maka sama saja anda merencanakan kegagalan (meskipun tidak pasti). Jika anda mampu membaca pasar dengan sempurna maka kesuksesan akan semakin dekat

Berikut beberapa hal yang harus anda kenali dalam pasar :

1. Konsumtif pasar
Kenali seberapa tingkat konsumtif pasar di daerah anda akan mendirikan usaha. Pangsa terbaik untuk mendirikan usaha adalah ditempat uang diproduksi (sumber uang/ tempat mendapatkan uang), karena semakin banyak uang yang dimiliki maka semakin tinggi pula tingkat konsumtif-nya.

Selain di tempat sumber uang, ada satu tempat yang jika anda membuka usaha maka tingkat pembelinya bagus. Tempat seperti itu adalah di tempat lembaga pendidikan (Kampus atau Sekolah). Khusus untuk kampus, mereka adalah turis tetap. mereka mendapatkan uang tiap bulan (kiriman dari orang tua) kemudian banyak membelanjakannya karena mereka hidup di kost atau kontrakan yang notabenya mereka malas masak, sehingga konsumtifnya sangat tinggi

2. Jenis produk yang diminati pasar
Sesuaikan produk dengan kebutuhan pasar. Jangan asal belum ada maka anda akan membuat tokonya, analisis dahulu apa saja yang dibutuhkan oleh pasar anda

Untuk masyarakat yang berpenghasilan limit, maka anda harus benar-benar sesuaikan produk usaha anda, karena penghasilan limit pasti akan mendahulukan kebutuhan pokok dari pada primer. Alangkah baiknya jika anda menjual produk primer

Berbeda jika anda membuka usaha di pangsa pasar menengah ke-atas. Orang menengah ke atas biasanya menyukai produk-produk yang unik, berkualitas, dan kreatif selain kebutuhan pokok. Maka di pangsa pasar seperti ini anda banyak pilihan dalam membuka usaha. Namun perlu di ingat, jika anda membuka usaha di segment ini, anda harus bermain profesional dalam menjalankan usaha

3. Kelas sosial pasar
Selain mengetahui tentang penghasilan, kenali juga kelas pasar. Maksudnya adalah dalam mendesain tempat usaha sesuaikan dengan kondisi kelas pasar. Jika anda bermain di kelas bawah, buatlah desain tempat yang sederhana dan jangan mewah. Kadang kesan mewah memberikan pemahaman tersirat tentang kata "Mahal". Jika hal ini terjadi maka akan banyak yang takut masuk ke toko anda karena takut mahal

Berbeda jika anda bermain dalam kelas menengah ke atas. Jika anda membuat tempat yang biasa saja dan kurang profesional maka kesan yang akan disampaikan oleh toko anda adalah "Murahan". Orang kelas menengah ke atas biasanya mengunggulkan kualitas, dan tempat yang profesional akan memberikan pula kesan itu. Tidak harus mewah, model kreatif juga bagus untuk level ini

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *