22 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Efektif dan Ampuh!

By | Maret 10, 2019
Cara menghilangkan cegukan. Cegukan adalah suatu kejadian kontraksi secara tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma dan umumnya terjadi secara berulang-ulang pada setiap menitnya. Udara yang datang secara tiba-tiba yang kemudian lewat ke paru-paru dapat menyebabkan glottis atau ruang antara pita suara menjadi menutup.

Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya suara "hik". Cegukan biasanya selesai dengan sendirinya, meskipun sudah terdapat berbagai pengobatan rumah tangga yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan cegukan. Terdapat beberapa kelainan yang dapat menimbulkan cegukan antara lain radang paru, penyakit ginjal, kelainan di otak seperti tumor, gangguan saraf diafragma, atau gangguan keseimbangan elektrolit. Sebelum tips mengenai cara menghilangkan cegukan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab cegukan.

Penyebab Cegukan

1) Makan dan minum terlalu cepat.
2) Makan dan minum yang terlalu banyak.
3) Sangat emosional.
Penyebab Cegukan4) Langsung minum air dingin pada saat setelah mengonsumsi makanan panas atau pedas.
5) Tertawa terlalu keras.
6) Batuk terlalu keras.
7) Tekanan dari saraf Frenik oleh struktur anatomi lainnya.
8) Mempunyai penyakit ginjal.
9) Perilaku yang tidak baik.
10) Keseimbangan elektrolit pada tubuh tidak memadai.
11) Terdapat benda asing di telinga.
12) Iritasi pada saraf fregus dan frenikus.
13) Akibat udara dingin di sekitar tubuh yang dapat disebabkan karena pengaruh AC atau kipas.
14) Minum alkohol terlalu banyak.
15) Masuk angin.

Macam-Macam Cegukan

Dalam dunia medis, cegukan tidak hanya satu macam saja. Namun cegukan terdiri dari berbagai macam. Berikut macam-macam cegukan :

    Macam-Macam Cegukan

  1. Cegukan Ringan
    Cegukan ringan pada umumnya tidak akan berlangsung lama. Cegukan ringan hanya berlangsung sekitar beberapa menit bahkan hanya beberapa saat. Adapun penyebab cegukan ringan antara lain :
    1) Adanya peregangan pada lambung.
    2) Cuaca yang berubah secara mendadak.
    3) Makan terlalu terburu-buru.
    4) Meminum makanan yang serba panas dan dingin.
    5) Stress.
  2. Cegukan Keras Dan Berkelanjutan
    Cegukan keras dan berkelanjutan mempunyai suara cegukan yang keras. Cegukan ini tidak sembuh dalam jangka waktu sehari dan bahkan berlangsung dalam waktu yang lama. Cegukan ini harus diwaspadai. Cegukan dengan jenis ini bisa menjadi pertanda bahwa dalam tubuh seseorang terdapat gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut misalnya :
    1) Gangguan otak. Terdapat gangguan yang terjadi di dalam otak, penyebabnya bisa karena tumor yang ada di batang otak.
    2) Penyakit kronis. Terdapat penyakit kronis yang ditandai dengan cegukan yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Penyakit itu adalah jantung dan stroke.
    3) Infeksi. Terdapat jenis infeksi yang ditandai dengan cegukan di dalam tubuh. Infeksi tersebut adalah infeksi pada susunan syaraf pusat otak.
    4) Herpes. Herpes yang muncul di dada. Karena herpes munculnya di dada, maka penyakit tersebut menyebabkan gangguan saraf tepi sehingga menyebabkan cegukan.
    5) Gangguan metabolisme. Metabolisme merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Terdapat gangguan metabolisme yang ditandai dengan cegukan dalam jangka waktu yang lama. Gangguan metabolisme tersebut misalnya kelainan ginjal, gangguan diabetes, serta kurangnya kandungan kalium pada tubuh.
    6) Pengaruh obat-obatan. Efek dari penggunaan obat-obatan juga dapat menyebabkan cegukan. Pengguna obat-obatan yang mengalami cegukan dapat menjadi pertanda bahwa terdapat kerusakan sel dalam organ tertentu serta gangguan metabolisme.

Cara Menghilangkan Cegukan

    Cara Menghilangkan Cegukan

  1. Bernapas dengan kertas atau kantong plastik
    Bernapas dengan menggunakan kertas atau kantong plastik memiliki tujuan yang sama dengan menahan napas. Yaitu supaya kadar karbondioksida meningkat, hal ini karena bernapas dengan memakai kantong plastik atau kertas, maka Anda sedang menghirup karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapas seperti biasa namun menggunakan kantong plastik atau kertas.
  2. Minum air hangat
    Minum air hangat dapat melancarkan peredaran darah serta oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Cara dengan minum air hangat lalu menahan napas dengan posisi tubuh yang membungkuk selama yang Anda bisa. Langkah selanjutnya yaitu kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap dan masih menahan napas. Kemudian minum air hangat dan bernapas seperti biasa.
  3. Menahan napas dengan melipat kedua lutut
    Salah satu cara menghilangkan cegukan yaitu menahan napas dengan melipat kedua lutut. Cara ini dapat Anda praktekkan dan cukup ampuh untuk menghilangkan cegukan.
  4. Makan sedikit garam
    Makan 1 sendok teh garam, kemudian teguk kecil air. Ikuti dengan napas perlahan, dan tetap rileks.
  5. Gula
    Mengemut atau mengulum gula batu atau sesendok gula pasir dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan karena gula tersebut dapat merangsang otot diafragma. Mengulum gula selama 5 menit, kemudian Anda telan atau dikeluarkan.
  6. Menjulurkan lidah
    Menjulurkan lidah bertujuan untuk merangsang nasofaring dan juga saraf vagus. Saraf tersebut dapat mempengaruhi tenggorokan, otot-otot mulut, dan mengatur kontraksi pada diafragma.
  7. Mengatur pernapasan
    Bernapas secara teratur dan benar. Hal ini bertujuan agar oksigen serta karbondioksida dapat bergantian masuk dengan kadar yang tepat. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam dan tahan sekuat yang Anda bisa, kemudian hembuskan.
  8. Menahan napas
    Cara yang paling umum dan sudah banyak yang mengetahuinya adalah dengan menahan napas. Menahan napas sudah dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh, hal ini karena kadar karbondioksida dalam tubuh menjadi semakin bertambah. Caranya adalah Anda menahan napas langsung selama yang Anda kuat.
  9. Minyak kayu putih
    Mengoleskan minyak kayu putih pada bagian leher dan perut. Minyak atsiri memiliki sensasi panas yang dapat menghilangkan cegukan.
  10. Jeruk nipis
    Jeruk
    nipis mengandung banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan. Caranya dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis, yaitu dengan diperas langsung di mulut. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menghilangkan gangguan pada saraf vagus.
  11. Selai kacang
    Salah satu cara menghilangkan cegukan dapat juga dengan menggunakan selai kacang. Caranya adalah siapkan satu sendok selai kacang kemudian dimakan. Selai kacang dapat bermanfaat untuk mengubah irama pernafasan, hal ini karena kandungan kacang dalam selai kacang tersebut.
  12. Minum segelas air dengan menggunakan sedotan
    Isi gelas beserta sedotan dengan air, kemudian tutup telinga dengan tangan Anda dan minum segelas air tersebut. Tidak ada yang tahu mengapa cara ini dapat bekerja, namun ini seperti Anda 'menelan' cegukan tersebut. Cara cukup ampuh pada remaja dan anak-anak, sementara bagi orang dewasa mungkin harus mencoba hingga beberapa kali.
  13. Minum jus acar atau cuka
    Minum setengah sendok teh setiap 7-10 detik hingga cegukan Anda berhenti. Apabila Anda tidak suka jus acar atau cuka, Anda dapat menggunakan cara yang lainnya.
  14. Headstand
    Melakukan headstand memang tidak lah mudah, terlebih bagi Anda yang tidak biasa melakukannya. Namun, membalikkan tubuh maka peredaran darah serta oksigen akan terbalik.
  15. Makan sedikit garam
    Makan 1 sendok teh garam, kemudian teguk kecil air. Ikuti dengan napas perlahan, dan tetap rileks.
  16. Bayangkan bernapas dengan alur seperti membentuk angka delapan
    Saat napas yang keluar sudah mencapai ujung, lambatkan pernapasan dan balikkan menjadi pernapasan dalam. Kemudian buatlah figur angka delapan pernapasan berkelanjutan.
    - Cegukan dapat reda dengan segera. Pada umumnya cegukan akan hilang dalam 10 kali.
    - Cara lainnya untuk memvisualisasikan adalah dengan menarik napas sebanyak yang Anda bisa tahan, kemudian hembuskan semua kecuali sedikit udara. Lakukan secara terus menerus selama sekitar 15-20 detik, atau sampai Anda cegukan hilang.
  17. Stimulasi pernapasan
    Tarik napas dalam-dalam kemudian tahan. Selagi melakukannya, tutup mulut dan hidung Anda. Sekarang mulai gerakkan diafragma Anda seolah-olah bernapas dan menghembus dengan cepat.
  18. Kagetkan tubuh Anda
    Berbaringlah dalam jangka waktu lama. Kemudian, berdiri tiba-tiba. Apabila cegukan belum hilang, berdiri untuk jangka waktu lama dan berbaring dengan cepat sebagai gantinya.
  19. Beserdawa
    Telan udara sampai beserdawa. Hingga akhirnya, udara akan keluar dalam bentuk serdawa. Cara ini dapat mengatur ulang saraf vagus yang pada akhirnya dapat menghilangkan cegukan
  20. Berusahalah untuk batuk
    Yang harus Anda lakukan adalah hitung berapa lama jeda waktu cegukan. Di sekitar waktu akan cegukan, batuklah dengan keras atau menjerit. Ulangi hingga 3-4 kali, apabila perlu.
  21. Gunakan cuping telinga Anda
    Minum seteguk air ukuran normal, namun jangan ditelan terlebih dahulu. Biarkan air dalam mulut. Kemudian, tarik kedua cuping telinga ke bawah, lalu miringkan kepala. Kemudian telan air tersebut.
  22. Minum tanpa menggunakan tangan
    Caranya yaitu dengan letakkan segelas air di atas kursi, kemudian duduk di kursi lain di depannya. Bungkukkan badan, kemudian minum air sebanyak mungkin tanpa menggunakan tangan untuk memegang, menyentuh, atau memiringkan gelas.

Bagaimana cara mencegah cegukan pada bayi atau anak?

Bagaimana cara mencegah cegukan pada bayi atau anak?

Untuk mencegah terjadinya cegukan, terdapat hal-hal yang dapat dilakukan, antara lain:
1) Jangan memberikan makan atau minum dengan terlalu cepat.
2) Usahakan untuk tidak memasukkan udara terlalu banyak pada saat minum susu.
Jangan mengajak bercanda si bayi setelah minum susu, berikan waktu istirahat sekitar setengah jam setelah si kecil minum susu.
3) Sendawakan si bayi setelah minum susu
4) Berikan air putih 1-2 sendok teh kepada si bayi pada saat setelah minum susu.
5) Secara umum cegukan yang terjadi pada bayi dan anak adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun demikian jangan anggap hal tersebut sepele apabila cegukan berlangsung terus menerus lebih dari satu jam.

Jika Cegukan Tidak Kunjung Berhenti

Jika Cegukan Tidak Kunjung Berhenti

Anda harus mewaspadai apabila jika cegukan terus menerus terjadi. Hal ini karena cegukan tersebut dapat menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter THT. Dokter THT dapat memeriksa gangguan di dalam tubuh Anda sehingga dapat diketahui apa yang menjadi penyebab cegukan tersebut. Semakin cepat diketahui akan semakin baik.

Itulah penyebab cegukan serta cara menghilangkan cegukan. 22 tips cara menghilangkan cegukan dapat Anda lakukan. Namun, jika cegukan yang Anda alami masih berlanjut, segera bawa ke dokter yang terpercaya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *