8 Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet Wifi

By | Maret 20, 2019
Jaman sekarang, koneksi WIFI memang menjadi salah satu koneksi primadona untuk mengakses internet.
 
Kecepatannya yang super cepat + Aksesnya yang relatif stabil menjadi dua dari sekian banyaknya alasan orang-orang (termasuk saya) menyukai koneksi WIFI.
 
Walau pada dasarnya sudah kencang, tapi tidak sedikit juga orang yang sedang mencari cara mempercepat WIFI. Terutama untuk HP Android.
 
Lalu, apa ada cara mempercepatnya?
 
Well sebenarnya sih nggak yah. Jadi gini, yang namanya kecepatan WIFI itu sudah diatur oleh Provider. Misalnya sampai dengan 50Mbps, maka artinya kecepatan maksimal yang dapat diterima hanya 50Mbps atau kurang.
 
Cara percepat memang tidak ada. Tapi.. Kalau tips untuk meningkatkan kecepatan WIFI yang dipakai, itu baru ada. Berikut caranya.
 
1. Lakukan Uji Kecepatan Internet Anda
 
Sebelum melangkah kepada cara mempercepat koneksi WiFi di laptop anda, pertama-tama anda bisa melakukan pengujian kecepatan internet anda.
 
Cara paling mudah dan paling umum digunakan adalah menuju situs-situs penguji kecepatan yang gratis yakni speedtest.net. Lalu lihat kecepatan internet anda.
 
Jika kecepatan internet anda sudah sesuai dengan broadband plan yang ditawarkan ISP anda, atau justru kecepatan internet anda sudah melebihi kecepatan rerata internet di Indonesia, mungkin artikel yang kami bagikan ini tidak banyak bermanfaat, tapi tidak ada salahnya jika anda memang ingin mencoba hal-hal dibawah ini.
 
Jika anda merasa keecpatan internet anda tidak sesuai dengan yang dijanjikan ISP anda, sebelum anda menyalahkan ISP anda, ada baiknya anda mencoba beberapa cara mempercepat koneksi WiFi di bawah ini.
 
2. Setup Wireless Secudiry
 
Hal ini mungkin cukup jelas bagi sebagian orang, tetapi masih saja banyak jaringan dibiarkan terbuka dan tidak aman. Bukan hanya berbahaya bagi pengguna jaringan, tetapi dapat menyebabkan penurunan kecepatan di jaringan.
 
Cara mempercepat koneksi wifi dengan masuk ke halaman admin dengan alamat IP Router di web browser, kemudian gunakan default username dan password untuk login. Biasanya default username dan password terletak dibagian bawah router, tetapi mungkin akan berbeda setiap merek nya. Pilih WPA2 sebagai metode enkripsi dan tentukan password yang mudah diingat.
 
Anda bisa mengatur ini di laptop maupun di android. Bagikan kata sandi hanya kepada orang yang anda percaya saja. Walau sebenarnya ada cara mengetahui password wifi yang bisa digunakan oleh orang-orang.
 
3. Beralih ke 5GHz
 
Anda mungkin belum memikirkan bahwa frekuensi router juga berpengaruh. Ada 2 opsi frekuensi yaitu 2,4GHz dan 5GHz.
 
Jika anda mempunyai banyak perangkat elektronik di rumah, spektrum 2.4GHz bisa menjadi sangat ramai. Seorang mantan rekan di Pocketnow, Joe Levi, menjelaskan bahwa perangkat Bluetooth, periferal nirkabel, dan beberapa gelombang mikro menyebabkan banyak noise di spektrum 2.4GHz.
 
Untuk menguranginya, cobalah untuk mengalihkan router anda ke 5GHz di panel administrator. Jika opsi untuk 2.4GHz dan 5GHz, pilih 5GHz.
 
4. Gunakan Saluran yang Kurang Ramai
 
Jika anda tinggal di lingkungan yang ramai atau di apartemen dan berbagi banyak ruang sinyal yang sama dengan tetangga, maka dengan memilih saluran yang tepat bisa mengurangi gangguan dan membantu mempercepat koneksi wifi.
 
Sebagai oermulaan, saluran 1, 6, dan 11 paling sering digunakan di spektru 2.4GHz, karena hanya tiga saluran ini saja yang tidak saling tumpang tindih antara satu dan lainnya. Jika anda sudah beralih ke 5GHz, anda mempunyai seluruh saluran untuk dipilih.
 
Pemilihan saluran bervariasi berdasarkan model. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Wifi Analyzer di Android atau WifiInfoView di Windows untuk mengalisis sinyal nirkabel terdekat dan melihat saluran mana yang paling sering digunakan.
 
Mac mempunyai fungsi bawaan ini. Cukup tahan opsi dan klik ikon WiFi di bilah menu, kemudian pilih Open Wireless Diagnostics. Ini salah satu cara mempercepat koneksi wifi yang paling sederhana.
 
Tidak ada gunanya jika banyak router yang lebih baru akan secara otomatis memilih saluran yang paling tidak ramai ketika restart. Sehingga menarik plug bisa mengalihkan saluran ke saluran yang kurang ramai.
 
5. Upgrade Router
 
Jika anda sudah membayar mahal untuk koneksi wifi yang cepat di rumah anda tetapi tidak sesuai dengan ekspektasi, mungkin perangkat keras menjadi penghambatnya. Apabila sudah beberapa tahun sejak anda membeli router (atau modem / router combo), mungkin sekarang saatnya anda melakukan upgrade router.
 
Teknologi Wireless dan Internet telah banyak berubah di dekade terakhir, dan banyak router yang berumur 5 tahun atau lebih tidak mendukung teknologi baru seperti 802.11n / ac, 5GHz, atau kecepatan Internet yang melebihi 100Mbps.
 
Cara termudah untuk menentukan apakah router anda sudah saatnya diganti dan menjadi penyebab wifi lemot yaitu dengan mencari nomor model dan membandingkan spesifikasinya dengan paket internet dari ISP anda.
 
6. Fengshui WiFi
 
Lokasi WiFi merupakan salah satu hal krusial yang seringkali dilupakan oleh para penggunanya. Umumnya kebanyakan orang akan memasang routernya dekat dengan tempat colokan listrik.
 
Setelah itu kebanyakan orang akan meletakkannya dimanapun, entah di meja, di lemari, atau bahkan di lantai.
 
Bagi anda yang melakukan hal seperti ini juga, ada baiknya anda memindahkan posisi router anda. Karena meletakkan router di tempat yang rendah atau terhalang berbagai macam benda di rumah anda merupakan salah satu penyebab buruknya koneksi WiFi anda.
 
Selain itu hindari meletakkan router anda di tempat yang terhalang tembok atau besi. Karena hal ini akan menyulitkan sinyal WiFi untuk penetrasi. Masalah ini umum dijumpai pada orang yang memiliki rumah luas dengan banyak kamar namun
satu router, tanpa repeater.
 
Biasanya sinyal WiFi di kamar-kamar terujung akan sangat buruk, dan hal ini akan memengaruhi koneksi WiFi anda tentunya.
 
Selain penghalang dan ketinggian, anda juga perlu mempertimbangkan membeli repeater. Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali.
 
Tentu membeli repeater merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet WiFi yang dapat dengan mudah anda lakukan.
 
Selain posisi WiFi, ada beberapa hal penting yang dapat anda perhatikan di rumah sehingga anda bisa mempercepat koneksi WiFi anda. Hal tersebut adalah adanya barang-barang “pengganggu” sinyal WiFi.
 
Hal yang paling sering menjadi penyebab terganggunya sinyal WiFi adalah microwave, telepon nirkabel, dan peralatan-peralatan lainnya yang memanfaatkan teknologi Bluetooth.
 
Microwave terutama akan mengganggu router-router generasi lama yang memiliki frekuensi pita 2.4 GHz, karena microwave sendiri berjalan pada frekuensi 2.45 GHz.
 
Sebenarnya microwave saat ini sudah memiliki peredam yang mampu meredap gelombang mikro dari dalam ke luar, namun tidak menutup kemungkinan hal ini tidak bekerja baik sehingga gelombang mikro keluar dan mengganggu sinyal WiFi anda.
 
7. Memilih Kanal yang Tepat
 
Salah satu masalah yang juga sering di jumpai terkait lambatnya koneksi WiFi adalah kesalahan pemilihan kanal. Sinyal WiFi berjalan melalui “kanal-kanal” yang ada di ruang terbuka.
 
Bayangkan jika dalam satu kanal ada berbagai macam sinyal yang berjalan. Hal ini akan menyebabkan sinyal akan tumpang tindih dan dapat mengganggu satu sama lain. Pada akhirnya akan terjadi data loss dan sinyal harus di rebroadcast, yang akan bermanifestasi sebagai penurunan kecepatan internet anda.
 
Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan software WiFi Analyzer gratis yang sangat banyak tersedia di Internet. Umumnya piranti lunak yang tersedia ini memiliki tampilan yang sangat ramah pengguna. Selain itu instruksinya pun banyak beredar di dunia maya untuk masing-masing piranti lunak ini.
 
Salah satu piranti lunak yang dapat anda gunakan adalah free inSSIDer utility.
 
Pertama-tama anda buka aplikasi tersebut untuk melihat jaringan WiFi dan mengetahui jaringan mana saja yang digunakan. Kemudian anda akan diperlihatkan grafik dengan berbagai warna dan kanal-kanal yang digunakan. Sederhananya anda pilih kanal yang paling sedikit digunakan.
 
Setelah itu anda buka alamat IP router di browser anda. Untuk mengetahui alamatnya anda bisa ketikkan ipconfig pada command prompt. Masuk ke pilihan setting WiFi anda, dan cari pilihan kanal di menu dropdown. Pindahkan kanal anda ke kanal yang tadi di awal paling sedikit dipilih oleh pengguna WiFi di sekitar anda.
 
Metode ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet WiFi dengan tingkat yang agak lebih sulit dibandingkan dengan mengutak-atik posisi dan lokasi router anda.
 
8. Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan CMD
 
Selain beberapa cara di atas, kami juga memiliki cara mempercepat koneksi WiFi di laptop anda dengan cmd dan tanpa aplikasi tambahan.
 
  • Pertama-tama anda bisa membuka command prompt setelah 
  • sebelumnya anda pastikan bahwa laptop/PC anda sudah terkoneksi ke jaringan WiFi. 
  • Kemudian pada nama WiFi klik kanan dan klik status.
  • Setelah itu akan muncul tampilan status Wireless Network Connection dan anda bisa melihat alamat IP WiFi anda di pilihan detail. 
Cara lain adalah dengan cara: 
  • Mengetikkan ipconfig pada cmd anda.
  • Setelah itu masuk ke cmd dan ketikkan ping –l (jumlah request bandwidth) (IP address) –t.Misalnya jika anda menginginkan bandwidth 1000 bytes (berarti lebih dari yang disediakan, umumnya 32 bytes) dan IP address anda 192.168.1.1, maka anda bisa ketik ping –l 1000 192.168.1.1 –t.
  • Biarkan cmd terbuka selama anda terhubung dengan internet. 
Hal ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi dengan cmd yang bisa anda lakukan sendiri.
 
Metode lain untuk mempercepat koneksi WiFi anda menggunakan cmd adalah dengan cara berikut ini: 
  • Setelah anda membuka cmd, Buka root dengan cara ketik cd C:. 
  • Setelah anda mengetikkan hal tersebut anda bisa menuliskan netsh interface tcp set global autotuning=disabled. Maka tampilan jendela cmd akan berubah.
  • Anda bisa langsung menjelajah internet dengan setting terbaru ini. 
Jika anda ingin mengembalikkan hal ini menjadi kondisi semula, anda bisa ketik netsh interface tcp set global autotuning=normal, lalu tunggu hingga muncul notifikasi.
 
Nah Demikianlah artikel kami tentang 8 Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet Wifi.
Semoga Bermanfaat!
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *