15 kriteria Dan Rekomendasi Template atau Tema Blog High CTR Adsense

By | Februari 9, 2019
Adsense adalah salah satu jaringan periklanan milik google. Jaringan periklanan ini sudah beridiri sejak tahun 2003, wah berati sudah berapa tahun?

 

Sekitar 15 tahun? Keren banget ya!
 
Nah, seperti yang sobat tahu bahwa banyak para blogger di negeri ini yang tergila-gila ingin punya penghasilan dari google adsense. Entah apa itu alasannya, yang jelas saya sudah sangat banyak menemukan blogger yang bermipi punya penghasilan besar dari sini.
 
Mendapatkan penghasilan dari google adsense bisa kita dapatkan melalui blog dan youtube. Dan sepertinya, adsense di dunia blogging lebih menggiurkan daripada adsense youtube.
 
Ini mungkin karena sistem bagi hasil yang punya selisih cukup jauh. Dimana jika sobat main adsense di youtube, maka google akan mengambil 45% bagian dan sisanya untuk sobat pribadi.
 
Sedangkan untuk blog, lebih kecil dari itu. Untuk kita 62% dan google 38%.
 
Nah pada kesempatan kali ini, saya sudah berhasil menuliskan pengalaman tentang template blog yang high CTR adsense.
CTR atau Click Through Rate ialah Jumlah Klik yang dibagi dengan jumlah Page Impressions. Bisa juga dikatakan CTR adalah klik presentase yang berpatokan dengan page impressions.

Template blog high CTR akan selalu memiliki loading yang minimalis, sebab template yang minimalis biasanya akan membuat loading blog dan iklan menjadi lebih cepat, sehingga visibilitas iklan dimata pengunjung menjadi lebih tinggi, karena semakin cepat iklan di load, semakin lama pula pengunjung akan melihat iklan.

 

Artinya, apabila sobat menggunakan template yang ciri-cirinya termasuk yang saya tuliskan ini, maka berati template tersebut mampu menaikkan pendapatan sobat dari google adsense.

 
Lho kok bisa?
 
Mungkin sobat bingung, dan bertanya-tanya, ah masa template blog ada yang bisa ningkatin CTR Adsense? Kan nggak masuk akal? Lagipula bagaimana cara kerjanya?
 
Nah, biar nggak pada bingung, saya akan kasih penjelasan sedikit.
 
Template yang high CTR itu bukanlah template blog yang ajaib. Melainkan template blog seperti biasa. Namun, dibuat khusus dengan memperhatikan hal-hal tertentu.
 
Yang pastinya adalah untuk memanipulasi iklan di blog agar pengunjung banyak yang klik. Dan jika sudah banyak yang klik, maka penghasilan sobat akan naik.
 
Template high CTR itu nggak selalu premium, ada juga yang gratis. Dan jika sobat pengin dapat yang gratis, silahkan download template brosense gratis di blog saya ini.
 
Ini dia 10 kriterianya!
 
1. Bersih
 
Template high CTR Adsense memang memiliki tampilan yang bersih. Artinya, tidak memiliki desain dan tamilan yang membuat mata pengunjung tidak nyaman.
 
Dan sepengrtahuan saya, teplate yang high CTR itu nggak kebanyakan menggunakan widget, berlatar belakang putih bersih dan yang pasti, semuanya tersusun sangat bagus.
 
2. Rapi
 
Selain bersih, template high CTR juga rapi. Mulai dari letak menu navigasi, penempatan iklan, dan tentunya elemen-elemen blog lainnya tersusun rapi dan tidak berantakan.
 
Dengan kesan yang rapi, sudah pasti membuat siapa saja yang melihat blog kita, akan merasa nyaman dan akan membuatnya betah berlama-lama di blog.
 
3. Terstruktur
 
Terstruktur maksudnya adalah tertata dengan baik. Jadi misalnya blog di desain sebagus mungking tetapi tidak berantakan dan memberikan kesan yang sedrhana tapi mengesankan.
 
Contohnya tidak meletakkan sembarangan widget-widget di blog. Misalnya widget label, maka lebih baik di letakkan di sidebar blog, dengan gaya cloud, bukan daftar.
 
Dengan begitu, pengunjung benar-benar merasa nyaman. Dan usahakan sobat cari template blog seperti ini, dan desain dengan baik dan terstrukur.
 
4. Ukurannya lebih kecil
 
Maksud saya bukan ukuran file-nya yang kecil, melainkan lebar templatenya sendiri yang kecil.
 
Dengan lebar template yang relative kecil, maka sudah pasti iklan akan tampil dengan ukuran yang minimalis. Hal ini karena template blog yak ukuran bodynya kecil, akan memuat tulisan dan gambar yang lebih kecil pula.
 
Dan mata penunjung juga tidak mudah lelah ketika membaca artikel di blog sobat. Dengan begitu, iklan akan tampil lebi menonjol dan isnya allah akan banyak yang ngeklik.
 
5.Perpaduan warnanya bagus
 
Ternyata, pemilihan warna juga menjadi salah satu kriteria template blog yang punya CTR tinggi. Karena warna juga merupakan elemen dari blog yang pertama kali terlihat oleh pengunjung.
 
Usahakan sobat memilih template yang warnya bagus. Kalau bisa sih berwarna putih bersih. Kalau nggak mau warna template blog kita jelek, maka boleh saja menggunakan warna yang lebih keren dari putih, asalkan nggak bikin mata sakit.
 
Selain itu, warna juga sangat membantu dalam memanipulasi iklan. Jadi, nantinya warna iklan yang tampil di blog sobat bisa terpadu dengan baik sesuai dengan warnya templatenya.
 
6. Seo friendly 
 
Template yang punya fitur SEO ready memang sangat dicari oleh banyak bolgger. Hal ini karena template yang seo friendly itu mudah untuk di pahami oleh mesin pencari.
 
Dengan template yang seo friendly maka blog sobat akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, sudah pasti peluang mendapatkan bayaran yang tinggi dari adsense akan lebih besar.
 
Oleh sebab itu, saya sangat sarankan sobat menggunakan template yang sudah ada fitur seo friedly agar lebih baik lagi dalam urusan seo.
 
7. Fast loading
 
Dengan loading blog yang lambat, kemungkinan besar orang yang mengunjungi blog sobat akan pergi terlebih dahulu meninggalkan blog sobat karena nggak sabar nunggu loadingnya yang nggak kelar-kelar.
 
Ini baru ingin membaca konten sudah pergi duluan, apalagi mau ngeklik iklan?
 
Lain cerita dengan template yang loadingnya cepat. Kita akan mendapatkan kesempatan lebih banyak karena mereka akan banyak membaca artikel di blog dengan waktu loading yang cepat.
 
Dengan begitu, berati pengunjung akan tetap melihat iklan yang tayang secara berulang kali. Dan besar kemungkinan, mereka sengaja atau tidak sengaja akan mengeklik iklan yang tayang tersebut.
 
8. Responsive
 
Responsive juga poin penting.
 
Mengapa?
 
Karena sekarang ini para pengguna internet lebih banyak yang menggunakan Smartphone untuk browsing, daripada pengguna komputer.
 
Nah, untungnya apabila memakai template blog yang responsive adalah iklan di blog tetap akan terlihat apabila blog dikunjungi lewat perangkat mobile.
 
Contohnya adalah seperti tab, dan smartphone yang canggih lainnya.
 
9. AdSense Ready
 
Adsense ready adalah fitur penempatan iklan yang telah dirancang oleh sang pembuat template. Jadi misalnya sebuah template dengan fitur penempatan iklan yang setrategis, contohnya di sidebar blog, di atas laman, di bawah artikel, ataupun di tengan artikel.
 
10. Premium
 
Sedikit aneh ya!
 
Memang, kebanyakan template premium yang saya temukan di pasaran saat ini pasti ada fitur high ctr-nya. Entah mengapa hal ini bisa terjadi, mungkin mereka tekut kalah bersaing dengan para penjual template lainnya, sehingga menyematkan fitur high ctr adsense.

11. Layout Boxed dan Memiliki Lebar Container yang Kecil


Layout boxed artinya seluruh isi dan elemen web berada dalam kotak. Kotak tersebut biasa disebut Container. Layout boxed dengan container yang kecil (sekitar 1000 px atau kurang) akan memaksa pandangan pengguna fokus pada daerah tersebut saja, sehingga area di luar kotak sama-sekali tidak diperhatikan karena tidak ada elemen apapun kecuali latar belakang. Fokus tersebut mempersempit pandangan pengguna sehingga ketika ada iklan tampil, iklan tersebut dapat menerima 10% – 30% perhatian dari keseluruhan elemen yang tampil.


12. Terdapat Area Widget di atas posting, header dan area lain selain sidebar


Area widget yang banyak, membuat template lebih fleksibel, mudah di ubah-ubah layoutnya. Hal ini akan memberikan anda banyak pilihan untuk menempatkan iklan anda dan melakukan percobaan-percobaan dimana iklan akan tampil lebih baik. Selain itu, dengan banyaknya area wid
get anda juga bisa menampilkan iklan lebih banyak dengan berbagai posisi.


13. Iklan Tampil Dengan Baik Pada Tampilan Responsive


Perlu diketahui bahwa iklan yang tampil pada tampilan mobile lebih memiliki tingkat klik yang tinggi daripada iklan pada desktop. Hal ini karena iklan pada tampilan mobile dapat menerima 100% perhatian pengguna. Artinya, ada kala dimana hanya iklan yang user lihat pada layar ketika user melakukan scroll.


Inilah mengapa anda harus pantang menggunakan tampilan mobile default jika anda menggunakan blogger. Tampilan mobile default biasanya tidak menampilkan iklan. Oleh karena itu, pilihlah template yang sudah ada versi responsivenya sehingga tidak harus menggunakan tampilan mobile default dari blogger.


14. Memiliki Sidebar Kiri Lebih Baik


Faktanya, semua pengguna yang berbahasa LTR(Left-to-right) melihat dan membaca sebuah halaman web dari kiri ke kanan. Nah, manfaatkan fakta tersebut dengan menggunakan sidebar kiri untuk menempatkan iklan. Hal ini akan membuat iklan anda lebih dahulu dilihat user daripada konten blog anda sendiri. Kecuali, jika blog anda menggunakan bahasa RTL(Right-to-left) seperti bahasa arab, lakukan sebaliknya dengan memanfaatkan sidebar kanan.


15. Iklan dapat ditempatkan di dalam posting


Iklan dalam body content biasanya memiliki kesempatan klik lebih tinggi. Hal ini karena iklan tersebut disandingkan dengan konten yang merupakan hal utama yang menjadi fokus pengunjung. Oleh karena itu, pilihlah template yang mudah dimodifikasi untuk memasukkan script iklan dalam konten.


Beberapa template menyediakan widget khusus untuk menempatkan script pada konten. Jika tidak bisa lewat widget, maka maka lewat edit template pun tidak apa-apa.


Rekomendasi Template


1. Sangads

Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.


2. Brosense V2

Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.

3. Vikka

Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.


4. invision

Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.
 
5. Blogku

kakrindu File Size 73,3 Kb

Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.

 

Demikian artikel tentang 15 Kriteria dan Rekomendasi Template atau Tema blog yang High CTR Adsense , semoga bisa bermanfaat untuk sobat.
jangan lupa baca artikel lainnya.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *