MANFAAT MANGGIS BUAT KESEHATAN

By | Desember 3, 2017
MANFAAT BUAH MANGGIS UNTUK KESEHATAN

Berkas:Mangosteen.jpeg

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.
Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera. 

  • Pohon dan buah
Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrem, selatan Florida.
Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun. 
Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6–8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.
Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.
  • Penyajian
Manggis disantap dalam keadaan matang dengan membelah dua kulitnya dengan hati-hati sehingga bisa dikeluarkan isinya. Namun manggis muda berwarna hijau juga dijual dengan rasa lebih kecut namun sekaligus juga manis.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis terutama yang paling terkenal adalah mencegah dan mengobati kanker, manggis telah terbukti dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.   Dengan berbagai zat yang dikandung oleh buah manggis, Maka manfaat buah ini dapat dikategorikan menjadi salah satu ‘bentuk tanaman obat’. Berikut adalah beberapa manfaat yang diyakini dimiliki oleh buah manggis :

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah manggis dalam mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan menggunakan manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah ini. Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya  senyawa garcinone E.

Jadi perlu diingat bagi anda penderita kanker harap hati-hati dalam mengkonsumsi buah manggis ini karena ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji betul terhadap masalah kanker. Bukti akademis pengobatan kanker atau untuk pencegahannya memang belum terbukti, dalam Journal of Society for Integrative Oncology, para ilmuan bahkan memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hti dalam menggunakan produk ekstrak manggis karena berpotensi juga meningkatkan kadar gula darah.

Namun tetap kandungan zat xanthones dalam manggis sangat dipercaya dalam mencegah dan memerangi kanker, namun ada baiknya anda konsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

Penting untuk kanker :

2. Menggurangi Rasa Sakit

Manggis selain manis rasanya juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat memerangi rasa sakit (peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan)

3. Mencegah Infeksi

Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Teoir ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbitkan pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi. Selain buah manggis, manfaat anggur hijau juga dapat mencegah infeksi.

Bagus untuk mencegah infeksi :

4. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.

Manfaat Untuk Antioksidan

5. Baik Untuk tekanan darah tinggi

Manfaat buah manggis lainnya yang dipercaya cukup besar adalah sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat mendukung manfaat ini.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesahatan Tubuh Manusia

Perkembangan buah manggis sangat pesat sekali di Indonesia, kita hampir setiap hari mendengar iklan mengenai buah super yang satu ini. Dari berbagai testimonial yang beredar dan informasi yang dihimpun dari berbagai konsumen yang telah menggunakan buah super ini berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh buah manggis.

  1. Membantu mencegah dan memerangi penyakit alzheimer dan parkinson.( Baca : Manfaat Kesehatan Konsumsi Bir,Manfaat Vitamin EManfaat Kayu ManisManfaat GlucolaManfaat Teh Hijau Kepala JenggotManfaat Tape Ketan Hitam)
  2. Menghilangkan alergi ( Baca : Manfaat AeriusManfaat Antibiotik EritromisinManfaat Bedak SalicylManfaat Bedak Herocyn)
  3. Menjaga kesehatan usus, dapat mengatasi diare, sembelit, merangsang kesehatan usus normal.(Baca : Manfaat Lacto B, Manfaat Vegeta,Manfaat YakultManfaat Adem Sari)
  4. Menjaga kesehatan otak dan syaraf ( Baca : Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak, Menyehatkan Otot dan Saraf,Manfaat Sawi AsinManfaat Brain Gym)
  5. Mengatasi katarak( Baca : Manfaat Daun dan Bunga Kitolod, Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mata
  6. Sakit kepala migrain ( Baca : Manfaat Asam Mefenamat, Manfaat Anggur Hitam, Manfaat Ear Candle)
  7. Mengurangi stres dan depresi ( Baca : Manfaat Buah Ganitri, Manfaat Bunga Mawar MerahManfaat Minum Kopi HitamManfaat Tanaman Cendana)
  8. Mengurangi Kolesterol (Baca : Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol, Manfaat Daun Alpukat Untuk KolesterolManfaat Daun Pepaya Untuk KolesterolManfaat Okra untuk Kolesterol)
  9. Membantu mencegah obesitas ( Baca : Manfaat Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan, Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan)
  10. Mencegah penuaan dini. (Baca : Manfaat Garcia, Manfaat Olahraga Untuk Awet Muda)



Efek samping buah manggis

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa xanthones dapat mengganggu pembekuan darah yang normal. Belum dapat dijelaskan mengenai zat xanthones pada manggis apakah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) atau tidak, Mungkin juga dapat menyebabkan perdarahan.

Studi juga mempublikasikan penggunaan xanthones dalam dosis tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthone dapat menyebabkan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu juga terdapat potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih ada binatang, belum dilakukan pada manusia.

loading...

One thought on “MANFAAT MANGGIS BUAT KESEHATAN

  1. Pingback: Tak Disangka! Pasta Gigi Ternyata Bisa Merusak Lidah Hingga Kematian -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *