Cara Instal Dapodik Paud 3.4.0 Semester II 2019

By | Februari 8, 2019

Cara Instal Dapodik Paud 3.4.0 Semester II 2019

Ketika sudah beranjak ke semester baru, pastinya segala sesuatu harus diperbaharui agar lebih baik dari sebelumnya. Begitu pula pada Aplikasi Dapodik PAUD yang sekian lama ditunggu-tunggu kedatangannya dari awal Januari 2019 sampai dengan sekarang yang akhirnya rilis juga versi yang terbaru. Memang di awal bulan Januari sudah ada pemberitahuan bahwa pengerjaan dan pengiriman Data di Dapodik bisa dimulai namun hanya bisa menggunakan secara online. 

Aplikasi Dapodik Online banyak sekali kelebihannya diantaranya adalah tidak perlu instal, tidak perlu sinkronisasi, dan data langsung masuk ke server serta bisa dikerjakan dengan laptop manapun tanpa harus mereset ulang. Disamping kelebihan pasti ada kekurangannya yaitu tidak bisa dikerjakan dengan offline dan harus dikerjakan dengan Online serta menggunakan Jaringan internet yang kuat, karena apabila menggunakan jaringan internet yang lemah maka akan berdampak pada data anda mengalami data ganda.

Untuk menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah : 

a. Operating Sistem

- Windows XP SP 3
- Windows Vista
- Windows 7 32 & 64 Bit
- Windows 8 32 & 64 Bit
- Windows 8.1 32 & 64 Bit

b. Browser
- Google Chrome (Sangat Disarankan dan Bersih dari plugins plugins)
- Opera
- Mozila Firefox


1. Perlu di perhatikan bahwasannya jika sebelumnya belum pernah installasi aplikasi Dapodik Paud maka gunakan cara installasi aplikasi, melalui installer yang bisa diunduh melalui website resmi: https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ atau bisa disini.

2. Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:

  • Deep Freeze; harus dinonaktifkan
  • Antivirus yang membuat services database tidak berjalan sebagaimana seharusnya, misalnya Avira,Avast, Symantec, Antivir, Smadav harus dinonaktifkan sementara.
  • Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan. 
Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan waktu pada computer. Hal ini peting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silahkan ikuti langkah- langkah berikut :
  1. Klik waktu yang terdapat di taskbar (pojok kanan bawah), lalu klik “Date and time settings.”

  2. Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini.

  3. Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih adalah zona waktu yang sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).
  4. Setelah mendapatkan aplikasinya bisa langsung melakukan instalasi pada PC atau Laptop khusus pendataan Dapodik Paud. Disarankan.
Semoga anda bisa memahami dan mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD versi 3.4.0 dengan benar karena data yang kita kerjakan di aplikasi tersebut berpengaruh pada Dana BOP PAUD yang akan kita dapatkan dan juga bagi yang sertifikasi bisa terancam tidak bisa cair serta Bantuan untuk Rehabilitasi bangunan atau pengadaan bangunanpun ada pada Aplikasi Dapodik PAUD ini. Oleh karena itu kami harap anda berhati-hati dalam mengerjakan Aplikasi ini, sebisa mungkin data terisi semua sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya di lembaga tempat anda bekerja.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *