Cara Memasang Gambar SEO Friendly Di Blogspot

By | April 18, 2015
cara pasang gambar di blogspot

Cara memasang gambar SEO friendly pada blogspot sangatlah mudah. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memasang gambar ini. Pertama-tama pastikan anda memasang gambar yang ukurannya ideal. Semakin kecil ukuran filenya maka akan semakin baik; karena tidak akan membebani pemuatan halaman.

Tapi jangan juga anda memasang gambar yang terlalu jelek kualitasnya hanya untuk memperkecil ukuran file; karena kita juga harus mempertimbangkan kenyamanan pengunjung dalam melihat gambar tersebut.
Cara agar membuat gambar yang kita pasang itu SEO friendly adalah sebagai berikut:
  • Pastikan nama file gambar mengandung kata kunci. Sebagai contoh anda memasang gambar ilustrasi kue donat; maka sebaiknya nama filenya adalah donat-coklat.jpg. Hindari memakai nama file gambar yang tidak mendukung SEO anda, seperti 2112131377.jpg.
  • Pastikan gambar yang anda pasang di artikel atau di widget blog anda menggunakan ALT tag

Jika anda mau melihat tutorial yang berupa video silahkan klik VIDEO CARA MEMASANG GAMBAR SEO FRIENDLY DI BLOGSPOT (YOUTUBE)

Proses memasang gambar di dalam artikel

Silahkan letakkan kursor anda pada bagian artikel di mana anda ingin memasang gambar. Setelah itu klik icon MASUKKAN GAMBAR ...

cara memasang gambar di blogspot

Setelah itu akan terbuka pop up dan silahkan anda memilih browse untuk membuka file gambar dari komputer anda.

memilih gambar dari komputer

Akan terbuka kotak browsing komputer anda. Silahkan buka lokasi file gambar anda

Tunggu beberapa saat sampai gambar anda selesai dimuat dan setelah itu klik TAMBAHKAN GAMBAR untuk memasukkan gambar ke dalam artikel

tambahkan gambar ke dalam artikel

Setelah gambar terpasang ke dalam artikel; maka anda bisa melakukan beberapa pengaturan dengan mengklik gambar tersebut. Nanti akan muncul bar pengaturan gambar seperti di bawah ini.

mengatur gambar di bar pengaturan
Akan ada pilihan pengaturan ukuran gambar; apakah ingin ukuran small; medium; large atau extra large. tersedia juga original size untuk ukuran aktual dari gambar. Selain itu ada pengaturan posisi gambar; apakah di kiri; di tengah, atau di kanan.
Jika ingin menambahkan keterangan di bawah gambar klik add caption. Atau jika ingin menambahkan atribut title dan alt tag; silahkan klik properti (ini wajib untuk SEO). Setelah mengklik PROPERTI akan muncul pop up seperti di bawah ini. Masukkan title dan alt tag dan setelah itu klik OK.

memasang ALT tag pada gambar

Sekarang anda sudah selesai memasang gambar di postingan blog anda. Gambar yang anda pasang juga sudah mengikuti kriteria SEO friendly karena sudah menggunakan ALT tag.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *