Cara Mengaktifkan Widget Sosial Media Blog Bawaan Template

By | Januari 1, 2017
Cara Mengaktifkan Widget Sosial Media Blog Bawaan Template

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial (Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan lain-lain), wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial (Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan lain-lain) dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Fungsi sosial media bagi perkembangan blog sangatlah banyak,diantaranya untuk meningkatkan traffic blog, mendapatkan backlink dan untuk melakukan promosi. maka dari itu, Sosial media sangat berpengaruh pada keprofessionalan blog anda.

Namun, yang akan saya bahas, dalam Artikel saya kali ini yaitu "Bagaimana Cara Mengaktifkan Widget Sosial Media Blog Bawaan Template". Sebagai seorang blogger pemula, pasti masih sangat awam dengan yang namanya bagaimana untuk membuat blog kita terlihat lebih professional?, salah satu cara untuk membuat blog anda terliha lebih professional yaitu dengan mengaktifkan widget Sosial media blog anda, seperti pada blog ini! yang terdapat dibagian kanan artikel diatas Label!!!

Dalam hal ini, blog anda telah memiliki widget sosial media seperti dibawah, secara otomatis, setelah anda mengganti template dasar anda. Mengaktifkan blog sosial media bawaan template artinya, kita akan menambahkan link aktif pada setiap ikon sosial media, jadi pada saat pembaca mengklik ikonnya, maka pembaca akan diarahkan ke link aktif tersebut.


Cara Mengaktifkan Widget Sosial Media Blog Bawaan Template

Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya?, ada beberapa langkash sederhana yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

A. Menentukan Sosial Media bawaan Template

Sebelumnya yang perlu anda perhatikan adalah, Apa saja sosial media yang menjadi bawaan template anda?, seperti pada blog ini, Sosial media bawaanya adalah:
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • Pinterest
  • Google+
B. Mencari Kode HTML Sosial Media 
Setelah anda menentukan sosial medianya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengeditan kode HTML pada template anda, yaitu:
1. Masuk ke blogger.com, kemudian pilih Template>Edit HTML
2. Tekan Ctrl+F pada keyboard secara bersamaan untuk mengaktifkan tools pencarian. kemudian ketikkan Sosmed yang ada pada blog anda secara berurutan seperti pada widgetnya, ingat secara berurutan.
3. Pastikan Pada bagian ini, terdapat semua Sosial Media anda!!!
Cara Mengaktifkan Widget Sosial Media Blog Bawaan Template













C. Mendapatkan Link Sosial Media
caranya sangatlah muda, anda hanya perlu mengunjung sosial media anda, kemudian buka profil anda, lalu Copy linknya yang terdapat pada Addres bar. Seperti:


D. Pengeditan Kode HTML Sosial Media

Setelah anda menemukan semua kode sosial media anda, lakukan pengeditan berikut ini, agar pada saat ikon sosial media diklik, maka akan muncul jendela baru menuju akun-akun sosial media anda. Ganti "Facebook Url" dengan link profil fb anda, dan begitu seterusnya.

</div>
<aside id='sidebar-wrapper' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WPSideBar'>
<div id='socialcounter'>
    <ul class='social-counter'>
        <li class='social_item-wrapper'><a class='social_item social_facebook' href='Facebook URL' rel='nofollow' target='_blank'><i class='fa fa-facebook social_icon'/><span class='social_num'>Facebook</span></a>
        </li>
        <li class='social_item-wrapper'><a class='social_item social_twitter' href='Twitter URL' rel='nofollow' target='_blank'><i class='fa fa-twitter social_icon'/><span class='social_num'>Twitter</span></a>
        </li>
        <li class='social_item-wrapper'><a class='social_item social_youtube' href='Youtube URL' rel='nofollow' target='_blank'><i class='fa fa-youtube social_icon'/><span class='social_num'>Youtube</span></a>
        </li>
        <li class='social_item-wrapper'><a class='social_item social_instagram' href='Instagram URL' rel='nofollow' target='_blank'><i class='fa fa-instagram social_icon'/><span class='social_num'>Instagram</span></a>

Terakhir simpan template anda kemudian liat hasilnya, dengan mengklik Widget Sosial medianya.

Widget sosial media sangat berguna untuk membuat blog anda terlihat lebih meyakinkan, dengan widget ini, pengunjung artikel anda, dapat mengunjungi dan melihat profil anda secara keseluruhan, dan akan langsung menilai  anda setelah melihat profil-profil anda di sosial media. Selain itu, mereka juga dapat memberikan pertanyaan secara langsung, tanpa melakukan komen di artikel. Yup, Sampai disini perjumpaan kita dalam artikel ini, semoga bisa membantu, tanyakan pertanyaan anda dikolom Comment

Jangan Lupa Comment dan Share
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *