Yuk Kenali Sisi Menarik Dari Pertanian

By | Agustus 20, 2018

Bertani merupakan mata pencaharian dari sebagian besar masyarakat  Indonesia. Lahan luas yang merentang dari barat sampai timur negara kita menjadi berkah bagi para penduduk untuk menghasilkan tanaman terbaik.

Menanam padi
Menanam padi

Tempat paling mudah menemukan aktivitas ini adalah di pedesaan.

Jadi, jika melakukan perjalanan di daerah ini, sangatlah mudah menemukan hamparan sawah yang menghijau di samping jalan.

Sungguh pemandangan yang sangat indah.

Bukan untuk bertani saja

Pertanian ternyata tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi petani, kegiatan ini masih menyimpan potensi lain yang tidak kalah menggiurkannya.

Apa itu?
Mari kita simak dibawah ini :

1. Pariwisata

Sekarang "Ecotourism" sangat digemari oleh wisatawan.

Ecotourism ini bisa mengajak para wisatawan ikut terjun mengolah sawah secara langsung, menanam padi dan sebagainya.

Ini menjadi daya jual yang sungguh menarik..

Wisatawan dari mancanegara pastinya jarang mendapatkan kesempatan berkubang dilumpur sawah, membenamkan bibit padi ke dalamnya atau bahkan mencoba membajak menggunakan alat yang ditarik sapi.

Pastinya sangat berkesan..

Ditengah kesibukan pekerjaan dan kehidupan kota, rasanya tidak sempat mereka melihat sawah ataupun merasakan sensasi lumpur yang meraba kulit.

Pariwisata seperti ini tentu sangat ramah lingkungan, karena bisa menjaga kelestarian sawah dan ekosistemnya.

Peng-alih-fungsi-an sawah sebagai lahan perumahan bisa ditekan.

Dan petani yang memiliki sawah harusnya mendapatkan keuntungan yang baik, agar mereka tetap semangat bekerja dan merawat sawahnya sehingga bisa terus menarik wisatawan.

Disini peluang kerja semakin berlipat.

  • Petani tidak hanya mendapatkan hasil dari penjualan panen, tetapi mendapatkan keuntungan juga dari kedatangan wisatawan.
  • Daerah sekitar bisa berkembang, peluang bisnis baru muncul seperti penjual makanan atau souvenir.
Wow, ternyata bila pertanian dikelola dengan baik, bisa memberikan keuntungan bagi banyak orang.
Keren...

Tidak berhenti sampai disana saja..

Wisatawan bisa digiring untuk menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan sensasi kehidupan pedesaan yang damai dan ramah.

Tentu saja dipilih tempat yang mampu memberi kenyamanan bagi mereka untuk istirahat, sehingga kesan mendalam semakin tertancap dihatinya..

Padi menguning
Padi menguning
2. Tempat pre-wedding

Jika ingin mencari tempat foto pre-wedding yang beda, anda bisa memilih pemandangan sawah dengan latar belakang padi menguning..

Kesan tradisional langsung terpancar..

Kemudian pakaian bisa disesuaikan dengan apa yang dipakai pak tani dan bu tani. Cowoknya membawa cangkul dan ceweknya membawa bakul tempat nasi.

So sweet....

Mungkin tempat khusus seperti ini bisa dirancang, sehingga orang yang mau melakukan pre-wedding bisa membooking tempat dengan biaya terjangkau.

Menjanjikan tentunya..

Kerjasama dengan petani pastinya sangat menguntungkan, mereka menjadi semakin semangat mengolah tanahnya karena pundi-pundi pemasukan tidak berasal dari satu lubang saja, tapi beberapa lubang..

Ibarat pepatah,
mengolah tanah sekali, untungnya berkali-kali..

3. Pendidikan di luar kelas
Pertanian bisa menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak didik. Mereka tentunya sangat senang jika di ajak kabur dari kelas.

Pembelajaran seperti ini tidak membosankan.

Selain berinteraksi dengan alam, mereka bisa bermain sekaligus belajar. Guru bisa mengemas kegiatan ini dengan menarik dan dipenuhi dengan wawasan baru. Pengetahuan yang diperoleh dengan jalan seperti ini biasanya membekas lama dipikiran.

Kesimpulan

Itulah sisi menarik pertanian yang tidak kalah menariknya dan juga tidak kalah menguntungkan mengingat banyak potensi ekonomi yang bisa digarap lebih dalam.

Dampaknya ke masyarakat pastinya luar biasa..

Jika petani didukung dan mendapatkan pemasukan lebih diluar menjual hasil pertanian, mereka tentunya tidak rela lahannya dijual untuk dijadikan pemukiman.

Berkat mengolah tanah miliknya, pariwisata atau bidang bisnis lain bisa diramu sehingga mendatangkan keuntungan yang berlipat. Tidak hanya petani saja yang diuntungkan, masyarakat sekitar juga kecipratan rejeki.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *