11 Cara Akan Membuat Camu Cepat Kaya Raya Nih!

By | Februari 27, 2019

Baru terima gaji di awal bulan, tapi uang sudah habis. Bahkan, kamu sendiri bingung uang itu habis untuk apa saja. Kalau begini terus, kapan waktu menabungnya nih? Nah, supaya gampang, terapkan cara menabung ala miliarder ini yuk!

1. Saat mendapatkan gaji atau untung dari usaha, bayarkan seluruh kebutuhanmu terlebih dahulu
Kebutuhan-kebutuhan utama, seperti air, listrik, pangan, menjadi hal terpenting untuk kelangsungan hidupmu. Sebelum kamu "gelap mata" dan menghabiskan seluruh uangmu untuk hal-hal tidak jelas, segera bayarkan kebutuhan itu dulu.
Setidaknya, keuanganmu terjaga dan tak perlu berhutang akibat uang sudah habis duluan sebelum membayar kebutuhan-kebutuhan pokok tersebut.

2. Ingat, sisihkan untuk sedekah. Berhemat bukan berarti stop bersedekah, kan?
Meski telah membayar kebutuhan pokok, uangmu pasti masih ada sisanya. Memang, sisa uang ini bisa disisihkan untuk menabung, jajan, atau membeli barang lain yang kamu idamkan. Hanya saja, jangan lupa menyisihkan untuk sedekah ya. Ingat, sedekah gak akan menghabiskan uang kita, kok.

3. Jika tidak jauh, berjalan kaki ke tempat kerja atau kuliah perlu dicoba

Salah satu yang membuat uangmu bocor secara tidak disadari adalah bensin alias uang transportasi. Coba deh, ingat-ingat berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk membeli bensin selama satu pekan ini? Atau berapa banyak ongkos buat naik transportasi online?
Kalau kampus atau kantormu dekat, kamu bisa jalan kaki atau naik sepeda. Selain hemat, kamu juga bakal lebih sehat.

4. Wanita: kurangi kebutuhanmu ke salon. Pria: kurangi pengeluaran untuk hobi yang berlebihan
Nah...siapa nih yang hobi ke salon? Jika ke salon untuk potong rambut satu bulan sekali, itu masih wajar. Kurangilah kebutuhan lain seperti manicure, pedicure, creambath, dan sebagainya, selain potong rambut. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, kok.
Tak ada yang salah dari hobi, asal tidak berlebihan. Biasanya para cowok berani mengeluarkan biaya habis-habisan untuk memuaskan hobinya. Misalnya seperti action figure, motor, games, dan sebagainya. Harga peralatan untuk hobi-hobi tersebut seringkali dianggap tak masuk akal.

5. Belilah rumah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan
Apa gunanya membeli sebuah rumah yang begitu besar dengan kolam renang, tapi hutang menumpuk? Rumah besar membutuhkan listrik dan air yang sangat banyak. Lebih baik belilah rumah sederhana dan nyaman ditinggali, sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak uang.

6. Tak perlu baju desainer, apalagi sampai setiap hari harus memakai baju baru
Saat baju itu dipakai, tak ada yang memperhatikan mereknya apa. Carilah baju yang cocok dan sesuai dengan tipe badanmu. Kamu tetap bisa terlihat lebih menonjol. Lagipula, tak semua baju desainer itu cocok denganmu, lho.

7. Kurangi belanja barang-barang mewah, seperti mobil

Daripada beli Ferrari, sebenarnya beli Innova atau CR-V saja sudah cukup, kok. Tahanlah ego dan gengsi kamu kalau mau menabung lebih banyak. Saat kamu sudah bebas secara finansial, secara otomatis kamu bisa membeli seluruh barang mewah sesuai keinginan. Jadi, bersabarlah sedikit.
8. Hindari memiliki banyak kartu kredit, cukup yang penting dan banyak promo saja
Buat apa kartu kredit banyak, tetapi isinya hutang semua. Kamu pun tak akan mendapatkan untung apa-apa, ya kan? Carilah kartu kredit yang banyak memberi promo mengisi bensin, makan, dan diskon-diskon menguntungkan lainnya.
9. Buat buku pengeluaran rutin wajib, sehingga kamu bisa memilah-milah pemasukan dengan baik
Saat menerima uang, misalnya Rp 1 juta, segera alokasikan sesuai kebutuhan. Misalnya Rp 200 ribu untuk uang makan, Rp 200 ribu untuk listrik dan air, Rp 200 ribu untuk bersenang-senang, Rp 100 ribu untuk sedekah, Rp 100 ribu untuk bensin, dan Rp 200 ribu sisanya untuk ditabung. Melalui pembagian keuanganmu tersebut, kamu pasti bisa menabung.
10. Hidup secukupnya, jangan pernah bergaya hidup di atas kemampuanmu
Jika masih belum mampu berlari, maka berjalanlah terlebih dahulu. Kalau langsung memaksa berlari, tentu kamu tidak sanggup. Sama halnya dengan gaya hidup. Sesuaikan dengan isi kantongmu, dan sebisa mungkin, jangan berlebihan.
11. Berhemat tak sekadar menabung, tetapi soal bagaimana kamu menginvestasikan uang dengan baik!
Banyak orang hanya berpikir bahwa menabung satu-satunya cara berhemat. Itu salah. Jika kamu berinvestasi di saham, properti, emas, dan investasi sehat lainnya, sama saja dengan menabung, lho.
Selain itu, kamu lebih cepat mendapat untung jika berinvestasi dengan bijak dan sehat. Jadi, jangan berpikiran sempit seputar berhemat dan menabung, ya!
Tak ada yang sudah kalau kita sudah punya keinginan yang kuat. Mulai sekarang juga, sisihkanlah uang dari dompetmu untuk ditabung! Jangan sampai menyesal di kemudian hari.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *