Perintah Run Pada Windows

By | Maret 19, 2017
Perintah RUN pada sistem operasi windows berfungsi untuk mencari atau membuka suatu sistem yang berada pada windows, baik itu berupa program, aplikasi, file, folder, dan sebagainya dengan sangat cepat.
Dengan menekan logo windows + R, Anda bisa membuka semua sistem, program ataupun aplikasi yang berada pada windows dengan sangat cepat tanpa harus berputar-putar mencarinya terlebih dahulu. Untuk dapat menggunakan perintah run ini, ada beberapa perintah yang harus Anda ketahui.
Berikut beberapa perintah menggunakan fungsi Run : 
  1. msconfig. Perintah ini menuju ke System Configuration berguna untuk merubah beberapa aplikasi yang berjalan pada System Startup, Services, Boot dan juga pilihan  Startup Selection.
  2. regedit. Perintah paling populer dikalangan teknisi dan juga pengguna komputer yang bertujuan merubah System Registry Windows.
  3. %programfiles%. Perintah langsung menuju ke folder Program Files.
  4. %userprofile%. Perintah langsung ke folder User Profil. Bertujuan untuk mengakses langsung ke My Document, Dekstop, Downloads, My Music, My Pictures, My Videos, Saved Games dan lainnya.
  5. control. Cara pintas untuk masuk ke System Control Panel komputer.
  6. cleanmgr. Perintah langsung untuk membuka Window Disk Cleanup Manager.
  7. compmgmt.msc. Perintah langsung membuka Computer Management. Biasanya ini diakses dengan cara melakukan klik kanan pada My Computer/Computer dan pilih Manager.
  8. fsmgmt.msc. Perintah langsung untuk membuka Window Shared Folders. Untuk melihat folder atau perangkat yang telah di-share serta mengatur fungsi (share).
  9. msinfo32. Perintah langsung untuk membuka Window System Information. Untuk melihat spesifikasi komputer mencakup hardware serta software yang digunakan.
  10. netplwiz. Perintah langsung untuk membuka Window User Accounts. Untuk mengatur konfigurasi pengguna.
  11. osk. Perintah langsung menampilkan On Screen Keyboard. osk kependekan dari On Screen Keyboard.
  12. utilman. Untuk menampilkan Utility Manager untuk mengaktifkan feature Magnifier, Narrator, Start On Screen Keyboard dan Set Up High Contrast.
  13. wuapp. Perintah untuk menampilkan Window Update. Untuk memasang, mengatur, atau menghentikan proses otomatis update.
  14. notepad. Perintah langsung untuk menampilkan Notepad, untuk membuat catatan penting di notepad.
  15. mstsc. Perintah langsung menampilkan Window Remote Desktop. Untuk membuka aplikasi remote desktop dan menghubungkannya dengan komputer klien.
  16. winver. Untuk menampilkan versi Operasi Windows yang sedang di gunakan.
  17. calc. Perintah untuk membuka aplikasi kalkulator pada Windows.
  18. taskmgr. Perintah untuk membuka Task Manager.
  19. services.msc . Perintah untuk membuka pengaturan services pada Windows.
  20. gpedit.msc. Perintah untuk membuka pengaturan Local Grup Policy Editor.
    Group Policy sering digunakan untuk membatasi tindakan-tindakan tertentu yang dapat menimbulkan risiko keamanan potensial, seperti Untuk memblokir akses ke Task Manager Membatasi akses ke folder tertentu dan lain-lain.
  21. desk.cpl. Perintah untuk membuka pengaturan atau Display properties.
  22. cmd. Perintah untuk membuka command prompt di windows dengan cepat

Itulah beberapa perintah Run yang sering digunakan user untuk membuka program atau pengaturan dengan cepat pada Sistem Operasi Windows. Masih banyak lagi perintah-perintah Run yang dapat digunakan lainnya. 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *