Menulis Daftar Pustaka dari Internet

By | November 7, 2016

Ketika kita membuat suatu makalah ataupun karya ilmiah lainnya. Kebanyakan dari kita salah dalam penulisan daftar pustaka, terutama penulisan daftar pustaka yang mana referensinya yang kita ambil dari internet. 

Sebenarnya, untuk menulis format daftar pustaka dari internet yang benar tidaklah susah. Secara sederhana urut-urutannya seperti di bawah ini:
  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  2. Judul. Judul tulisan diberi tanda kutip.
  3. Tanggal Akses
  4. Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias:

Rngkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Seperti ini: http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet:
Aini, Ratu. “Cara Beternak Itik Lampung”. 15 Januari 2001. http://ternakindo.com/2008/12/literasi-informasi-ternak-itik-nasional.html.

Mengenai masalah kedua, kekuatan referensi. Agar argumentasi kita kuat kita harus merujuk pada sumber yang asli dan terpercaya saja, bukan sumber yang asalan.

Mengambil referensi dari internet tidak boleh sembarangan. Hal ini karena tulisan di internet banyak sekali hasil kopi pas (copy-paste). Apalagi kalau kita ingin membuat sebuah karya intelektual, pertanggungjawaabannya cukup berat sehingga kita harus hati-hati dalam memilih referensi.
Ada baiknya kita merujuk pada situs atau blog besar yang menjadi rujukan banyak orang seperti wikipedia. Atau untuk referensi berita kita ambil dari situs koran ternama, republika dot com misalnya. Atau kalau kita ingin mengutip opini seorang tokoh, kita langsung bertandang ke situsnya (kalau ada).

Atau bila kita mau mengambil hasil survei politik, kita kutip dari situs LSI misalnya. Atau bila kita ingin mengambil pendapat sebuah organisasi, kita kutip langsung dari situs organisasinya.
Intinya, bila kita mengambil sebuah referensi, ambillah yang terpercaya, ambillah yang asli, tidak asalan yang hasil kopi pas. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian dan kekuatan argumen tulisan. Sehingga bila kita ditanya tentang keaslian dan kekuatannya, kita jadi tidak ragu karena memang kita memiliki sumber yang kuat, punya kualitas tulisan yang baik.
Sekian postingan saya mengenai Menulis Daftar Pustaka dari Internet. mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua yang membaca.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *