7 Penyebab Jerawat Muncul Dan 25 Cara Mengatasi Jerawat Efektif Dan Alami

By | Maret 10, 2019
Memiliki wajah cantik berseri tanpa setitik noda pun merupakan impian bukan? Namun tak semua orang dianugerahi wajah bersih. Masalah yang paling umum dihadapi orang adalah jerawat. Jerawat bak mosters yang begitu ditakuti oleh siapapun. Bukan tanpa sebab, pasalnya jerawat sangat mengganggu penampilan serta membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.


Dalam medis menjelaskan, jerawat disebut jenis Acne Vulgaris. Jerawat bisa timbul dikarenakan adanya kelenjar minyak yang berlebihan pada folikel bulu. Ketika folikel itu tersumbat maka muncullah jerawat ke permukaan wajah.

Sangat menyebalkan memang, ketika jerawat tersebut muncul. Namun jerawat ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan kulit jika tidak segera diatasi. Jerawat akan semakin parah ketika folikel bulu yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri. Maka yang akan terjadi adalah munculnya penyakit kulit seperti nodul. pustula, papula bahkan kista. Sungguh mengerikan bukan? Karenanya, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan.

Jika kamu mengalami jerawat, ada baiknya kamu mengatasinya terlebih dahulu dengan bahan-bahan alami. Jangan langsung memutuskan untuk ke Kelinik kecantikan. Tak semua proses tersebut berjalan dengan baik, jika tidak cocok, jerawat diwajahmu bisa semakin berkembang.

Jerawat itu Pasti Ada Penyebabnya Apa Saja Penyebabnya?
Berikut 7 Penyebab Jerawat Bisa Muncul

1. Pubertas.


Sebagian orang mempunyai jerawat ketika mengalami pubertas atau pada saat-saat remaja. Hal ini dikarenakan pada masa puber, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak meningkat produksinya dikarenakan meningkatnya pula produksi hormon testosteron.

2. Perubahan hormon.


Tidak hanya remaja, bahkan orang dewasa pun dapat mempunyai jerawat. Biasanya hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Hal ini lebih sering terjadi pada perempuan, karena pada masa-masa tertentu terutama pada masa menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Pada perempuan menstruasi, jerawat biasa muncul menjelang menstruasi. Lalu pada perempuan hamil, munculnya jerawat biasanya pada masa hamil 3 bulan pertama.

3. Make up berlebih.


Khususnya pada perempuan, pemakaian make-up berlebih tanpa diimbangi dengan membersihkan wajah secara teratur justru akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Tidak hanya berlebih, memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga dapat menyebabkan jerawat pula.

4. Sering cuci muka.


Masih banyak yang belum mengetahui bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor. Kita sering sekali menyentuh benda kotor dan kemudian memegang ponsel. Tentu saja tangan yang kotor tersebut akan memindahkan bakteri ke ponsel kita. Bahkan menurut penelitian, ponsel 18 kali lebih kotor dan mengandung banyak bakteri jahat dibandingkan dengan pegangan pintu pada toilet umum. Tidak hanya mengandung bakteri, ponsel juga merupakan sarang berkembang biaknya bakteri. Setelah kita pegang dengan tangan kotor, kita menaruhnya pada tempat yang sempit dan gelap seperti kantung celana dan tas. Bakteri akan berpesta di ponsel Anda.

6. Konsumsi makanan tak sehat


Jerawat juga dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan.

7. Memencet jerawat


Merasa risih karena adanya jerawat dan Anda ingin segera menyingkirkannya dengan cara memencet. Ups, tunggu dulu. Apakah Anda sudah yakin bahwa tangan Anda bersih? Bukan hanya karena tangan kita yang kotor, dengan memencet jerawat, kita hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam sehingga malah menyebabkan bekas jerawat.

Nah Sekarang kita cari tahu Bagaimana Mengatasi Jerawat?
Berikut 25 Cara Mengatasi Jerawat Efektif Dan Alami 

1. Alpukat.


Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Yogurt


Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang da
pat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Pisang


Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara membuatnya adalah dengan pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa pakai pelembap usai memakai masker jika dirasa wajah kering.

4. Mentimun


Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu mentimun sangat manjur sekali untuk membasmi jerawat membandel.

Pengaplikasiannya hampir sama dengan tomat. Terdapat dua cara. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis mentium lalu letakkan pada wajah. Dan cara kedua adalah dengan menjus 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Es batu.


Cara paling alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menggunakan kain untuk menampung beberapa es dan letakkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit. Pastikan kamu tidak terlalu menekannya, lakukan secara hati-hati, Jika bagian tersebut sampai luka, takutnya bakteri akan menyerang bagian jerawatmu, sehingga bisa menimbulkan infeksi.

6. Obat tetes mata.


Menggunakan obat tetes mata bisa menjadi langkah awal untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat. Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride, singga kemerahan yang disebabkan oleh jerawat bisa segera hilang. Kamu bisa menggunakan kapas untuk mengoleskan kebagian wajah yang berjerawat.

7. Jeruk nipis.


Jeruk nipis juga bisa kamu gunakan. Jeruk nipis dipecaya dapat menghilangkan jerawat. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah, bersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu oleskan jeruk nipis tersebut pada area yang berjerawat, tunggu hinggal 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Namun perlu diperhatikan, kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis akan membuat perih. Jangan lakukan lagi jika kulit mu mengalami peradangan. Hal ini dikarenakan kulit seseroang tak semuanya sama, ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif.

8. Tea tree.


Tea tree telah lama dipercaya sebagai salah satu ingredient yang efektif dalam melawan jerawat. Hal ini karena kandungan anti bakteri di dalamnya yang mampu meredakan iritasi karena jerawat. Jadi ketika jerawat muncul, kamu bisa mencoba menggunakan produk-produk yang mengandung tea tree sebagai bagian dariskincare kamu. Ntah itu dalam bentuk masker, lotion, ataupun face wash. Selain itutea tree juga merupakan bahan alami yang minim dampak negatif bagi wajahmu.

9. Lidah buaya.


Lidah buaya kaya akan kandungan zat aktif yang dipecaya mampu menghilangkan jerawat. Lidah buaya bekerja cepat dalam menghilangkan jerawat. Dalam sekejam saja, wajahmu kembali bersih. Usai memakai lidah buaya, pastikan untuk mencuci wajahmu dengan bersih ya. Lidah buaya memiliki aroma sedikit tidak sedap.

10. Minyak zaitun.


Minyak zaitun memang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Ketika kamu menggunakan minyak zaitun maka wajahmu akan terasa lebih lembab.

Sebelum menggunakannya, pastikan wajahmu dalam kondisi bersih, alias tanpa makeup. Setelah itu oleaskan minyak zaitun dibagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga semalam. Keesokan harinya kamu besihkan wajahmu. Lakukan secara rutin agar wajah tampak bersih.

11. Daun sirih.


Daun sih kaya akan anti-oksidan hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu obat jerawat alami. Daun sirih pula bersifat antibakteri, sehingga sangat ampuh untuk membasmi bakteri pada jerawat di wajahmu. 
Cara memakainya sangat sederhana, daun sirih kamu haluskan terlebih dahulu, kemudian tambahkan air hangat, diamkan sejenak kemudian kamu bisa langsung menggunakannya. Sangat praktis bukan?

12. Soda kue.


Bukan hanya berfungsi untuk membuat kue, namun soda kue bisa dijadikan alat untuk membasmi jerawat. Sebelum menggunakan pastikan wajahmu sudah bersih. Kemudian oleskan soda kue yang sudah kamu campurkan air tersebut kebagian wajahmu yang berjerawat. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 15-20 menit. Lalu bilas wajahmu hingga bersih.

13. Bengkoang.


Bengkoang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu cukup melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, kamu haluskan terlebih dahulu bengkoang tersebut, saring dan ambil endapan airnya. Kemudian kamu olehkan pada bagian yang berjerawat. Tunggu sesaat dan bilas hingga bersih.

14. Uap.


Jika kamu menggunakan es batu dapat menutup pori-pori, justru dengan uap pori-pori mu akan terbuka. Justru dengan cara ini akan sangat membantu kamu dalam mengatasi jerawat. Dengan pori-pori terbuka maka akan membuat kulit bernapas, bisa menghilangkan minyak dan mudah dibersihkan dari kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Kamu bisa melakukannya di saat kamu sudah tidak begitu sibuk dengan aktivitas. Siapkan air panas didalam wadah mangkuk, lalu letakkan wajahmu sekitar 30 cm dari wadah tersebut. Tutup wajahmu dengan handuk dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bersihkan wajahmu.

15. Kentang.


Kentang juga menjadi cara ampuh dalam mengatasi jerawat. Kentang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara penggunaannya, kamu haluskan terlebih dahulu kentangnya, kemudian olehkan pada pada wajahmu atau bisa kamu jadikan masker. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas bersih.

16. Stroberi.


Jika kamu menyukai buah ini, kali ini kamu harus merelakannya untuk dioleskan diwajahmu ya. Stroberidipecaya mampu membersihkan dan mencerahkan wajah. Nah jika kamu sedang mengalami wajah berjerawat, kamu bisa oleskan stroberi yang sudah kamu belah. oleskan secara perlahan lalu biarkan 1-3 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

17. Putih telur.


Putih telur mengandung khasiat yang sangat baik untk merawat kesehatan wajah. Masker putih telur bosa membuka pori-pori tertutup dan mengurangi jerawat di wajah. Caranya, kamu siap putih telur, lalu oleskan putih telur itu ke wajahmu, bisa kamu jadikan masker. Diamkan semalam, lalu keesokannya kamu bilas hingga bersih.

18. Listerine.


Listerine juga bisa menjadi penolong pertama untuk mengatasi jerawat pada wajahmu. Listerin
e dipercaya dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. Namun jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, hal ini tidak disarankan. Cara menggunakannya, gunakan cotton bud untuk mengoleskan listerin kebagian wajahmu yang berjerawat. Diamkan 30-60 menit, kemudian bilas hingga bersih.

19. Minyak Lavender.


Minyak lavender memiliki oroma yang menenangkan, ternyata minyak harum ini bisa dijadikan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, teteskan pada wajah yang berjerawat, diamkan sampai meresap. Lebih bainya kamu melakukan hal ini pada pagi hari dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

20. Tomat.


Tomat mengandung vitamin C dan A serta lycopene yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya, haluskan buah tomat, lalu jadikan masker, tunggu hingga 15-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

21. Pepaya.


Pepaya selain membersihkan wajah, namun juga bisa berfungsi untuk menghilangkan jerawat lho. cara menggunakannya, haluskan terlebih dahulu pepaya, kemudian olesakan pada bagian yang berjerawat atau bisa juga kamu jadikan masker. Tunggu 15-30 menit, kemudian bilas dengan air. Hal ini bisa kamu lakukan 1-3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

22. Madu.


Madu bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah secara alami, karena mengandung zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri, mecegah infeksi dan membersihkan kotoran pada wajah. Cara menggunakanya, cukup olekan madu pada bagian yang berjerawat lalu diamkan selama 30-60 menit, setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

23. Bawang putih.


Bawang putih merupakan antiseptik alami, antijamur, antioksidan, serta dapat mengurangi minyak pada tubuh. Cara penggunaannya, haluskan terlebih dahulu bawang putih, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan 5-10 menit, lalu bilang dengan air dingin.

24. Lemon.


Selain mengandung vitamin C, lemon dikenal bisa mengatasi jerawat dengan baik. Jika kamu ingin mencobanya, pastikan untuk menggunakan lemon segar ya. Caranya cukup mudah, potong lemon menjadi dua bagian, ambil cotton bud lalu gunakan itu untuk mengoleskan cairan lemon ke bagian wajah yang berjerawat. B
iarkan sampai kering, lalu bilas hingga bersih.

25. Peppermint.


Peppermint dapat memberikan rasa segar pada wajahmu, karena mempunyai kandungan mentol di dalamnya. Cara menggunakannya untuk membasmi jerawat sangat mudah. Ambil beberapa helai daun peppermint, haluskan dan olehkan pada wajah yang berjerawat. Tunggu hingga 15-30 menit, kemudian bilas dengan air.

Nah itu tadi artikel tentang Penyebab jerawat muncul dan cara mengatasi jerawat efektif dan alami. jangan lupa baca artikel - artikel lainya ya.
Semoga Bermanfaat!
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *