3 Cara Mudah Sharing Layar Monitor Pada Jaringan LAN (Offline)

By | Desember 19, 2018

Pertanyaan :

Bagaimana cara membagikan layar atau screen monitor komputer kita ke layar komputer orang lain yang terhubung pada jaringan LAN ?.

Jawaban :

Berbagi tampilan layar monitor atau biasa disebut screen sharing bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan menggunakan bantuan berbagai aplikasi. Namun sebelum itu pastikan setiap komputer sudah disetting konfigurasi IP addressnya dan telah saling terhubung. Bagi anda yang mempunyai masalah saat mengatur jaringan LAN mungkin bisa menemukan solusinya disini : Cara mengatasi masalah komputer tidak terdeteksi oleh komputer orang lain pada jaringan LAN.

Screen sharing sangat berguna ketika kita tidak memiliki projektor untuk memperlihatkan apa yang ada pada layar komputer kita misalnya dalam suatu rapat atau mungkin dalam hal pembelajaran praktikum komputer oleh guru untuk murid-muridnya. Ada 3 aplikasi yang telah saya coba untuk melakukan screen sharing ini diantaranya menggunakan aplikasi Screen Task, Veyon dan Team Viewer 6.

Cara Melakukan Screen Sharing Menggunakan Screen Task

Screen Task merupakan aplikasi screen sharing yang menurut saya paling simple, karena aplikasi ini selain dari ukuran filenya yang sangat kecil hanya sebesar 377Kb aplikasi ini juga hanya perlu diinstall dikomputer server saja sedangkan client cukup dengan menggunakan web browser seperti Google Chrome atau Mozila Firefox untuk bisa melihat tampilan monitor komputer server. Berikut langkah-langkah menggunakan Screen Task.

Screen Task
Screen Task
  1. Download terlebih dahulu aplikasi Screen Task melalui link berikut : Klik disini.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu atur pada IPnya kita gunakan Local Area Connection.
  3. Atur Portnya misalnya : 8080
  4. Klik Star Server untuk menjalankan Screen Task.
  5. Setelah server berhasil di Start agar client bisa melihat layar monitor kita maka client tinggal memanggil IP address dan Port yang telah kita atur tadi melalui Web Browser mereka dengan cara mengetikan IP adress:Port pada URL/Address Bar contoh : http://192.168.0.1:8080
  6. Maka komputer client sudah bisa melihat apa yang ada pada layar monitor kita.
Kelebihan dari pada Screen Task ini kita tidak perlu repot menginstall aplikasi untuk client sehingga prosesnya lebih gampang dan cepat, hanya saja kecepatan setiap komputer dalam melihat tampilan layar server berbeda-beda (terdapat delay beberapa detik) dan itu menurut hemat saya yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini.

Cara Melakukan Screen Sharing Menggunakan Team Viewer 6

Team Viewer merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk remote dekstop, ada banyak kelebihan dari aplikasi ini dan salah satunya adalah fitur presentation yang bisa kita gunakan untuk melakukan screen sharing. Pada versi terbarunya screen sharing hanya bisa dilakukan secara online/terhubung ke internet. Tetapi karena yang kita butuhkan adalah secara offline dan melalui jaringan LAN maka kita bisa menggunakan versi lawasnya yaitu Team Viewer 6. Berikut tata cara menggunakannya.
Team Viewer 6
Team Viewer 6
  1. Download terlebih dahulu aplikasi Team Viewer 6 melalui link berikut : Klik disini.
  2. Install aplikasi tersebut diseluruh komputer yang ingin digunakan screen sharing
  3. Setelah berhasil diinstall buka aplikasi tersebut lalu masuk ke menu Extras -> Options lalu pada Incoming LAN Connection pilih Accept Exclusively lalu OK (Lakukan hal yang sama pada computer client).
  4. Untuk mulai melakukan screen sharing caranya buka team viewer pada setiap komputer client lalu pada tab Presentation masukan IP address komputer server pada kolom Partner ID lalu masukan Nama dan klik Join Presentation.
  5. Jika muncul kolom password maka masukan password yang terdapat pada team viewer komputer server.
  6. Untuk memulai presentasi klik start presentation pada komputer server maka layar komputer sudah berhasil dibagikan.
Dari segi kecepatan team viewer menurut saya lebih baik daripada Screen Task hanya saja proses installasinya lumayan ribet karena harus menginstall satu persatu dan juga team viewer ini memerlukan lisensi agar bisa mengakses seluruh fiturnya, disamping itu komputer yang bisa mengakses layar server juga dibatasi jadi tidak semua komputer bisa join presentation.

Cara Melakukan Screen Sharing Menggunakan Veyon

Veyon merupakan aplikasi screen monitoring dan classroom management yang bisa kita gunakan untuk melakukan screen sharing, sesuai deskripsinya selain screen sharing Veyon memiliki banyak fitur lainnya yang berhubungan dengan manajemen ruangan kelas/lab diantaranya kita bisa melihat aktivitas yang sedang dilakukan oleh client, kontrol jarak jauh, mengunci layar client bahkan mematikan komputer client melalui komputer server. Dan yang paling penting aplikasi ini dibagikan secara gratis (Open source) juga komputer yang terhubung tidak dibatasi seperti pada Team Viewer 6. Berikut cara mengunakan aplikasi Veyon.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Veyon melalui link berikut : Klik Disini.
  2. Pilih sesuai versi windows anda (jika menggunakan sistem operasi windows)
  3. Install Veyon pada komputer server dan client
  4. Pada Choose Components beri tanda ceklis pada Veyon Master untuk Komputer server dan hilangkan ceklis pada Veyon Master untuk komputer Client.
Konfigurasi Veyon pada Komputer Server :
Veyon Configurator
Konfigurasi Veyon
  1. Setelah installasi selesai buka aplikasi Veyon Configurator < /b>pada komputer server
  2. Pada General ganti Authentication methodnya menjadi Key file authentication
  3.  Klik pada Authentication Key lalu klik tombol Create key pair, beri nama kunci misalnya : teacher lalu klik OK.
  4. maka 2 kunci autentikasi yaitu private dan public akan dibuat.
  5. Ekspor kedua kunci tersebut dengan mengklik tombol Export lalu simpan pada Flash drive anda yang nantinya akan digunakan untuk komputer client.
  6. Klik pada Rooms and Computers lalu buat sebuah room dengan mengklik tombol + lalu pada Computers buat daftar komputer yang terhubung kejaringan dengan memasukan nama komputer dan alamat IPnya misalnya Name : Comp 3, Host Address/IP : 192.168.0.3
  7. Klik Apply untuk menyimpan seluruh konfigurasi lalu OK.
Konfigurasi Veyon pada Komputer Client :
  1. Buka aplikasi Veyon Configurator pada komputer client
  2. Pada General ganti Authentication methodnya menjadi Key file authentication
  3. Hubungkan flash drive yang berisi file key authentication yant telah dieksport tadi
  4. Klik pada Authentication Key lalu klik tombol Import lalu import kedua key yang ada pada flash drive.
  5. Klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi lalu OK.
Melakukan Screen Sharing Menggunakan Veyon Master :
Veyon Master
Veyon Master
  1. Buka aplikasi Veyon Master pada Komputer Server
  2. Pada Computer Rooms pastikan seluruh Rooms dan Computers telah diceklis untuk menampilkan seluruh layar komputer client
  3. Untuk mulai melakukan screen sharing klik menu Fullscreen Demo untuk menampilkan layar kita secara full screen dikomputer client atau Windows Demo untuk menampilkan layar kita berupa jendela yang bisa diclose dikomputer Client.
Nah itulah 3 cara mudah untuk melakukan sharing layar monitor pada jaringan LAN, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, namun saya sendiri lebih menganjurkan menggunakan aplikasi Veyon, disamping fiturnya sangat banyak dan gratis veyon juga memiliki kecepatan yang baik dalam menampilkan layar monitor kita ke monitor client dan juga jumlah komputer tidak terbatas meskipun installasinya lumayan ribet.

Jika ada pertanyaan seputar aplikasi diatas silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah. Selamat Mencoba dan Semoga berhasil !

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *