16 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan Cara Berhenti Merokok

By | Maret 10, 2019
16 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan Cara Berhenti Merokok

Terdapat bahaya merokok yang dapat mengancam kesehatan kita. Merokok membahayakan hampir semua organ tubuh serta dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang mempengaruhi kesehatan perokok secara umum. Berhenti merokok memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Pada umumnya, bahaya merokok sudah disadari oleh para perokok, hal ini karena di bungkus rokok tercantum peringatan tentang bahaya merokok yang dapat mengancam kesehatan. Tetapi, kuatnya ketergantungan terhadap rokok dapat membuat para perokok menghiraukan dampaknya dan tidak mau berhenti untuk merokok. Berikut 16 bahaya merokok yang dapat mengancam kesehatan.

Bahaya Merokok

  1. Kanker
    Merokok dapat menyebabkan kurang lebih 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan juga 80% pada wanita. Risiko kematian yang ditimbulkan karena kanker paru-paru dapat mencapai 23 kali lebih tinggi pada pria perokok serta 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan dengan yang tidak merokok.
    Terdapat riset yang menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok mempunyai risiko sebesar 24% lebih tinggi terkena kanker paru-paru. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing, esopagus, ginjal, rongga mulut, pankreas, serviks, faring, pita suara, dan perut.
  2. Menurunkan Kualitas Tidur
    Sebuah penelitian di Johns Hopkins menemukan bahwa perokok selalu merasa kurang tidur. Perokok merasa dirinya tidak tidur nyenyak. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa penyebab menurunnya kualitas tidur adalah sifat dari zat nicotine yang ada di dalam rokok. Menurunnya kualitas tidur dapat berdampak pada kualitas hidup Anda.
  3. Gangguan pernafasan
    Bahaya merokok dapat meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok.
  4. Gangguan janin
    Bahaya merokok salah satunya dapat mengancam kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, termasuk keguguran, kematian janin, kemandulan, sindrom kematian mendadak bayi, serta bayi lahir dengan berat badan rendah.
  5. Penyakit jantung
    Merokok dapat mengakibatkan aterosklerosis atau pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini adalah sebuah penumpukan zat lemak pada arteri, lemak, serta plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.
    Jantung dipaksa bekerja lebih keras serta tekanan ekstra yang menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika salah satu arteri atau lebih menjadi terblokir, serangan jantung dapat terjadi.
    Semakin lama seseorang tersebut merokok, maka semakin besar pula kemungkinan terkena stroke atau penyakit jantung.
  6. Membuat Kuku Menguning
    Bagi orang-orang yang merokok, Anda bisa lihat kuku-kuku mereka berwarna kuning. Hal ini menandakan kandungan rokok yang sudah berdampak pada bagian tangan. Dan lebih jauh lagi, hal ini dapat merusak penampilan anda. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berhenti merokok sehingga membuat warna kuku lebih menarik dan cantik.
  7. Penyakit paru-paru
    Risiko terserang penyakit seperti pneumonia, bronkitis kronis, atau emfisema dapat meningkat karena kebiasaan merokok. Penyakit ini disebut sebagai PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik.
    Penyakit paru-paru tersebut berlangsung dan dapat bertambah buruk seiring dari waktu ke waktu hingga orang tersebut meninggal karena kondisi yang dialaminya tersebut. Menurut American Cancer Society, orang yang berusia 40 tahun dapat menderita bronkitis atau emfisema, akan tetapi dengan gejala yang lebih buruk pada kemudian hari.
  8. Menyebabkan Penuaan Dini
    Bagi para wanita, mempunyai keriput adalah momok yang menakutkan. Wanita perokok dapat lebih mudah mendapatkan keriput dibandingkan mereka yang tidak merokok. Hal ini karena merokok dapat mengganggu jaringan pada kulit.
  9. Menurunkan Daya Tahan Tubuh
    Rokok dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Merokok membuat imunitas menurun sehingga ketika sakit, bisa lebih sulit pulih dibandingkan dengan yang bukan perokok.
  10. Menyebabkan Radang Sendi
    Radang sendi (Rheumatoid Arthritis) dapat disebabkan karena merokok. Pada keadaan yang seperti ini seorang perokok mengalami kurang kekebalan tubuh.
  11. Menyerang Tulang
    Pada wanita yang cenderung terancam rapuh tulang (osteoporosis), rokok dapat memperparah kondisi tulang. Rokok dapat menghambat asupan vitamin D serta kalsium sebagai nutrisi tulang.
  12. Mengganggu Konsentrasi
    Para perokok pada umumnya mempunyai ketergantungan merokok di waktu-waktu tertentu. Apabila tidak terpenuhi, maka fokus seorang perokok bisa terganggu. Sehingga mereka membutuhkan rokok untuk kembali konsentrasi.
  13. Diabetes
    Menurut Cleveland Clinic, merokok dapat meningkatkan risiko diabetes. Bahaya rokok dapat menyebabkan komplikasi diabetes, seperti penyakit mata, stroke, ginjal, jantung, pembuluh darah, dan masalah kaki.
  14. Menyebabkan kebutaan
    Bahaya merokok dapat meningkatkan risiko terkena degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami pada orang tua. Dalam studi yang diterbitkan oleh 'Archives of Ophthalmology' orang yang merokok 4 kali lebih besar dibandingkan dengan bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yang dapat merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.
  15. Penyakit mulut
    Penyakit mulut yang disebabkan karena merokok antara lain penyakit gigi dan nafas, kanker mulut, kanker leher.
  16. Impotensi
    Rokok adalah faktor utama dari penyakit pembuluh darah perifer yang mempersempit pembuluh darah pembawa darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah yang terdapat pada alat reproduksi pria dapat terpengaruh karena merupakan pembuluh darah berukuran kecil dan mengakibatkan disfungsi impoten.

Bagaimana Berhenti Merokok dapat Membantu Jantung dan Hidup Anda?

Bahaya Merokok

Jika Anda berhenti merokok, maka:
1) Dapat memperpanjang hidup Anda.
2) Mengurangi risiko penyakit (termasuk penyakit jantung, kanker tenggoroka
n, serangan jantung, kanker paru-paru, emphysema atau penyakit paru jangka panjang, tekanan darah tinggi, penyakit gusi, dan kondisi lainnya).
3) Merasa lebih sehat. Setelah berhenti merokok, batuk menjadi berkurang, stamina akan meningkat, sakit tenggorokan yang lebih sedikit.
4) Terlihat lebih baik. Berhenti merokok dapat membantu mengurangi noda gigi, memperbaiki kulit, dan mencegah wajah keriput.
5) Meningkatkan indra pengecap serta penciuman Anda.
6) Menghemat uang.

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Bagi Anda perokok aktif, berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, berhenti merokok bukan hal yang mustahil. Godaan paling besar adalah ketika memutuskan berhenti merokok adalah faktor lingkungan. Ya, tinggal bersama, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang merokok dapat memicu keinginan merokok saat Anda berusaha untuk berhenti.
Oleh karena itu, berikut tips yang mungkin dapat membantu dalam mengatasi kesulitan berhenti merokok:

  1. Bulatkan niat dan tekad
    Mengingat bahaya merokok yang sangat buruk bagi kesehatan tidak boleh disepelekan, Anda harus memiliki komitmen yang besar untuk segera berhenti merokok mulai sekarang. Niat serta tekad yang kuat adalah merupakan modal penting supaya Anda berhenti merokok. Apabila niat serta keinginan Anda sudah sekuat baja, berbagai godaan di depan mata dapat Anda hiraukan dengan mudah. Jangan biarkan siapa pun untuk menggoyahkan rasa percaya diri yang Anda miliki. Anda sudah berada di jalan yang benar.
    Pada umumnya, proses terberat dari berhenti merokok akan terasa pada 2 minggu pertama. Oleh karena itu, apabila Anda sudah melewati 2 minggu awal berhenti merokok, jangan sampai Anda kembali untuk tergoda merokok lagi. Hal ini dapat membuat segala usaha yang sudah dilakukan menjadi sia-sia.
  2. Minta dukungan dengan orang-orang di sekitar Anda
    Jangan sungkan untuk minta pertolongan pada orang-orang di sekitar Anda, jika Anda serumah ataupun berteman dengan perokok. Mintalah mereka untuk tida2 k merokok di sekitar Anda. Anda juga dapat meminta mereka untuk tidak memberi rokok pada Anda. Jika teman-teman di kantor adalah perokok, mintalah mereka untuk tidak mengajak Anda merokok bersama pada saat jam istirahat.
  3. Cari kesibukan lain
    Saat stress datang, hasrat kembali merokok biasanya meningkat. Jika sudah begini, Anda harus pintar-pintar dalam mengatasinya. Salah satu caranya yaitu dengan mencari kegiatan lain yang dapat membuat Anda sibuk dan terfokus ke hal lain.
    Jika Anda tidak tahan dengan kekosongan mulut, yang dapat Anda lakukan adalah makan permen, ngemil buah atau sayuran segar, dan mengunyah permen karet bebas gula. Beberapa orang juga sering menggigit-gigit sedotan.
  4. Ulur waktu
    Jika sudah tidak kuat lagi untuk menahan agar tidak merokok, bahkan korek dan sebatang rokok sudah di tangan, Anda dapat mengikuti tips ini. Cobalah mengulur waktu atau menunda selama 10 menit.
    Jadi, jika Anda ingin merokok, cobalah untuk mengulur waktu dan menunggu sekitar 10 menit. Sering kali, setelah menunggu selama 10 menit, keinginan merokok itu hilang dengan sendirinya, atau pikiran Anda menjadi jernih dan menyadari bahwa Anda tidak butuh rokok.
  5. Selalu ingat apa alasan Anda berhenti merokok
    Jika Anda menyerah, ingatlah selalu alasan Anda ingin berhenti merokok. Cobalah tulis alasan tersebut serta tempatkan daftar alasan di tempat yang bisa Anda lihat. Hal ini dilakukan untuk refleksi diri. Apalagi jika alasan Anda adalah keluarga Anda.

Itulah 16 bahaya merokok yang mengancam kesehatan. Hal terpenting adalah berhenti merokok dengan niat yang sungguh-sungguh.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *