Tipe-Tipe Blogger

By | Januari 19, 2017
Sebulum aku bahas "Tipe-Tipe Blogger", aku akan sedikit membedakan apa itu blog dan blogger? karena menurutku, ada banyak orang yang salah kaprah, salah membedakan apa itu blog dan blogger? sangat lucu bukan? ketika aku menjelaskan tip-tipe blogger, sedangkan anda sendiri belum tahu membedakannya. maka dari itu, let's begin

Ok, menurut solozine.com blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web, intinya blog adalah tempat author atau penulis untuk menumpahkan ide-idenya pada karya tulis mereka dalam bentuk artikel. Lalu apa itu blogger? mudah sekali, blogger adalah penulis dan sekaligus pemilik dari blog itu. Jadi, ibarat sebuah rumah, blog adalah rumahnya dan blogger adalah sipenghuni rumah.

 Baik, jangan sampai anda melanjutkan untuk membaca artikel ini sebelum anda benar-benar mampu membedakan apa itu blog dan blogger! naman, menurutku penjelasan diatas sudah cukup jelas. baiklah, timbul pertanyaan "mengapa judulnya Tipe-Tipe Blogger?", menurutku judul ini adalah sangat menarik untuk aku bahas, pasalnya, dengan artikel ini, aku berharap kalian dapat menentukan "Tipe blogger seperti apakah kalian". Jangan sampai, kalian terus-terusan ngeblog tanpa tau arah dan tujuan kalian.

Menurutku, ada 2 tipe blogger, yaitu:

1. Tipe Personal Blogger

Personal Blogger atau blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh perseorangan yang biasanya bertemakan tentang Daily, kebanyakan dari artikelnya berisi tentang kehidupan sehari-harinya. menurutku, tipe personal blog muncul, karena keinginan si blogger untuk menceritakan kehidupan pribadinya kepada banyak orang, bisanya mereka adalah orang-orang yang terkenal meskipun ada juga yang cukup percaya diri untuk mengangkat kehidupan pribadinya di blog.
Dilihat dari segi pengunjung, meskipun ini adalah blog pribadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa, blog personal tidak bisa memiliki banyak pengunjung. seperti yang saya sebutkan diatas blog personal biasanya dibuat oleh-oleh orang-orang terkenal, contohnya saja blog bang Raditya Dika yaitu radityadika.com, siapa yang tidak tahu orang yang biasa di sapa bang Radit ini adalah seorang persona yang sangat terkenal karena keahliannya dalam berbagai bidang, dimulai dari seorang Penulis buku, Sutradara, Aktor, Stand up kemodian dan masih banyak lagi. inilah salah satu bukti bahwa personal blogger tidak menutup kemungkinan untuk menjadi blog yang keren.

Namun, bagi kalian yang tetap kekeh untuk membuat blog personal jangan berkecil hati, pasalnya ada banyak blog personal yang berkembang di luar sana meskipun ia tidak terkenal, blog mereka terus berkembang, biasanya disebabkan karena, cerita-cerita yang mereka angkat biasanya memiliki kesamaan atau bahkan persis dengan apa yang dialami si pembaca, sehingga pembaca menjadi sangat mendalami isi dari aritekl tersebut, meskipun memang sangat susah untuk membangun blog personal bagi kita yang tidak terkenal seperti bang radit.

Menurutku kelebihan dari blog personal adalah, blog personal cenderung memiliki pengunjung yang tetap dan terkadang meningkat, artinya setiap pembaca yang telah berhasil mamaknai artikelnya dan merasa sesuai dengan kehidupan nyatanya, akan cenderung untuk terus berlangganan dengan blog tersebut, bahkan bagi mereka yang telah membaca semua artikel blog tersebut, akan dengan tidak sabar, menunggu terbitan artikel terbaru. Namun, catatan bagi sipenulis, untuk berhati-hati, agar mempertahankan kualitas artikelnya, agar si pembaca tidak jenuh dan bosan membaca artikelnya

Kemudian, dilihat dari segi tampilannya, Tipe personal blogger biasanya memiliki tampilan yang lebih sederhana dan casual, menyesuaikan dengan isi artikel yang lebih cenderung ke kehidupan sehari-hari.

Raditya Dika

Menurutku Tipe Personal Blogger, adalah tipe yang tidak mementingkan "Uang" sebagai tujuan utama mereka mendirikan sebuah blog, blog yang mereka dirikan biasanya hanya semata-mata untuk "mengisi waktu luang, kesenangan, atau bahkan hobby", dan menurutku inilah sisi terbaik dari personal blogger itu sendiri.

2. Tipe Professional Blogger

Professional Blog adalah blog yang dibuat oleh perseorangan atau lebih yang benar-benar memfokuskan diri atau menghabiskan waktunya untuk ngeblog. Tipe Professional blogger memiliki tema yang sangat bertabrakan dengan Personal Blogger, tipe ini biasanya bertemakan tentang Teknologi, Kesehatan, Pendidikan, dan masih banyak lagi. 
Dilihat dari tema-tema yang ada pada professional blogger, professional blogger harus membuat artikel-artikel yang berkualitas yang dapat dipercaya oleh pembaca. Artikel yang isinya hanya karangan tidak akan mampu bersaing dengan blog professional lainnya yang juga memiliki tema yang sama. artinya persaingan yang terjadi antara blogger yang satu dengan yang lain, menuntut si blogger untuk benar-benar menganalisis dan mempersiapkan artikelnya sebelum akhirnya diterbitkan, sangat jauh berbeda dengan blog personal yang tidak menuntut hal seperti ini, karena biasanya persaingan yang terjadi tidak terlalu ketat.
Maka dari itu untuk menjadi author atau penulis blog professional, orang tersebut dituntut agar berpengetahuan luas terhadap apa yang ia angkat pada blog yang telah ia bangun. Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi sebelum membuat blog professional, seperti konsistensi, mau belajar dan tidak pantang menyerah.
arlina design
Dari segi tampilan Tipe Blogger Professional, harus memiliki tampilan yang professional pula, hal ini dibutuhkan agar si pembaca dapat berinteraksi dengan blog anda. Misalnya saja, pemasang
an Widget Artikel terbaru yang ada di samping-samping blog sangat penting untuk meningkatkan traffik blog dan juga bagi pembaca tentunya, dengan widget ini pembaca dapat dengan mudah mengetahui artikel terbaru anda, itu hanya satu dari banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun blog professional, seperti Subscribe to newsletter, Popular post, dan masih banyak lagi.

Kelabihan dari Tipe Professional Blogger adalah blog ini cenderung mampu mangalami peningkatan pengunjung yang cukup siginifikan, pasalnya banyak orang yang lebih menyukai blog professional daripada blog personal, karena dianggap lebih serius, dan isi kontenya yang menarik.

Namun, dibalik kelebihan itu, terdapat kekurangan dari tipe ini yaiut, jika blogger tersebut membuat sebuah blog denga fokus utama yaitu "Uang" bukan karena hobby atau keinginan, biasanya blog itu tidak akan bertahan lama. apa yang saya sebutkan ini bukanlah gurauan semata, banyak sekali blogger yang awalnya serius di bulan-bulan pertama, namun setelah berjalan 2 bulan atau 3 bulan ia mulai bosan, karena tujuan awalnya adalah "Uang", jadi intinya adalah, jika ingin menjadi seorang blogger professional, anda harus tekun, konsisten dan tidak fokus dengan "Uang"

Jadi kesimpulannya adalah, blogger professional dan blogger personal adalah 2 hal yang mirip namun berbeda, persamaannya adalah kedua blog ini membutuhkan ketekunan dan konsistensi dari bloggernya sendiri, tidak akan maju suatu blog yang jika tujuan utamanya adalah "uang". Sedangkan hal yang membedakannya hanyalah pada isi dan tampilannya saja, hanya itu.

Thanks For Reading
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *