5 Fitur Tersembunyi Keyboard

By | Desember 8, 2016
Fungsi Keyboard yang Mungkin Belum Anda ketahui
 
Keyboard adalah salah satu perangkat keras PC yang memiliki macam-macam tombol dan fungsi yang berbeda-beda pula. Di dalam keyboard terdapat beberapa kombinasi-kombinasi yang memiliki fungsi, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Kombinasi keyboard ini berfungsi untuk mempermudah penggunya dalam operasional PC, seperti melakukan pengkopian data yang menggunakan kombinasi ctrl+C dan masih banyak lagi. Beberapa kombinasi keyboard yang unik dan mungkin belum anda ketahui, antara lain:
 
1. Fitur Screenshot (Mengambil gambar layar PC)
Yup, fitur screenshot ini menurut saya cukup menarik, screenshot pada Smartphone merupakan hal biasa dan sudah tidak asing ditelingan, namun pernahkah anda membayangkan jika PC dapat melakukan screenshot. Tentunya ini akan menjadi hal yang menarik yang akan saya bahas pada artikel kali ini. screenshot ternyata tidak hanya dilakukan pada Smartphone tapi juga di PC, mengingat dari fungsi screenshot yang tidak jarang orang yang membutuhkannya, yaitu screenshot berfungsi untuk menangkap/memfoto/mengambil  gambar layar. berbeda halnya dengan smartphone, untuk melakukan screenshot caranya dengan menekan beberapa kombinasi tombol atau menggunakan aplikasi. Sedangkan dilaptop caranya dengan menekan tombol Windows+Prt sc sysrq secara bersamaan, maka PC akan segera menangkap/memfoto/mengambil gambar layar. Contohnya:
 
2. Fungsi Cascading
Fitur ini juga tidak kalah menariknya. Fitur Cascade memungkinkan pengguna berpindah secara cepat dari jendela yang satu dengan jendela yang lain, hanya dengan cara menekan tombol Windows+Tab secara bersamaan pada keyboard, kemudian anda akan berpindah ke jendela yang dituju. Namun sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada Windows 7,8 dan 10 saja. setiap windows berbeda tipe cascading, hal ini karena pihak windows berupaya untuk memperbaiki fitur dan mengoptimalkan fungsinya, dan demi kenyaman pengguna tentunya. tambahan, spesial untuk windows 8, jika Windows+Tab berfungsi untuk berpindah dari satu jendela ke jendela lainnya, misalnya dari Store ke desktop, sedangkan Windows 8 juga memiliki fitur Alt+Tab yang berfungsi untuk berpindah dari satu aplikasi  ke aplikasi lainnya misalnya dari chrome ke Windows explorer.

Cascade windows 7
Windows 8
 
3. Fitur Kombinasi fn
Tidak banyak yang mengetahui, fitur ini. Padahal, fitur ini adalah fitur terlengkap dan sangat membantum fitur termasuk fitur favorit saya, karena fungsinya yang beragam. Yup setiap kombinasi fn memiliki fungsi yang berbeda-beda, antara lain:
fn+f1 : untuk Mode sleep
fn+f2 : untuk mengaktifkan mode pesawat
fn+f5 : untuk mengurangi kecerahan laya
fn+f6 : untuk menambah kecerahan layar
fn+f7 : untuk mematikan lampu layar, namun tidak dalam keadaan sleep atau mati
fn+f8 : untuk menggunakan projector
fn+f9 : untuk mematikan fungsi touchpad
fn+f10 : untuk mematikan speaker
fn+f11 : untuk mengurangi volume speaker
fn+f12 : untuk menambah volume speakaer
Namun, semua kombinasi yang saya jelaskan diatas, adalah kombinasi keyboard pada laptop asus. Setiap PC memiliki jenis keyboard yang berbeda, maka, jika anda ingin mengetahui fungsi fitur ini ialah, dengan cara mengklik semua tomblol f1 sampai f12 dengan mengkombinasikannya dengan fn

 
4. Fitur task manager
Task manager berfungsi untuk mematikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan, baik itu jika sedang not responding atau tidak. fitur ini sangat membantu disaat anda ingin mematikan PC anda dengan segera namun salah satu aplikasi anda mengalami masalah, seperti not responding, sehingga untuk menutupnya yaitu dengan cara menunggunya sampai not respondingnya berhenti. namun ada cara yang sangat cepat, untuk mengatasinya meskipun dalam keadaan not responding dan lain-lain, yaitu menggunakan Task Manager. cara mengaktifkannya dengan cara menekan Ctrl+Shift+esc secara bersamaan. kemudian pilih aplikasi yang ingin ditutup lali klik end task
5. Fitur pembuka aplikasi shortcut yang ada pada taskbar
Fitur ini memungkinkan anda, untuk membuka aplikasi-aplikasi yang ada pada taskbar secara cepat, tanpa harus menggerakkan mouse untuk mengklik ikon, anda hanya perlu menekan Windows+Angka di keyboard anda, maka aplikasi yang dituju akan langsung terbuka. 
 
Misalnya, jika anda ingin membuka aplikasi Chrome, maka kombinasi yang digunakan yaitu Windows+Angka 2, jika anda ingin membuka Aplikasi IDM maka kombinasinya yaitu Windows+Angka 4, dan begitu seterusnya. mudah bukan? itulah fungsinya keyboard.
Yup, itulah 4 Fitur tersembunyi keyboard. fitur-fitur ini sengaja disediakan untuk mempermudah operasional PC, sehingga pengguna dapat menghemat waktunya. Jika menurut anda, fitu-fitur diatas benar-benar menarik, maka jangan lupa untuk share dan comment fitur yang paling menarik menurut anda. Terima Kasih 
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *